Mohon tunggu...
Muhammad Hafizul Haqiqi
Muhammad Hafizul Haqiqi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa S1 Biologi Semester 5 UIN Malang

Seorang Mahasiswi Semester 5 di UIN MALIKI MALANG

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Kelompok 64 KKM UIN Malang Mengisi Kegiatan PKK dengan Sosialisasi Pentingnya Kesehatan Mental bagi Seorang Ibu

30 Januari 2023   13:00 Diperbarui: 30 Januari 2023   13:00 68
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Malang, 11 Januari 2023 -- Program merja berkesinambungan yang digarap Kelompok KKM 64 minggu ini adalah Sosialisasi Pentingnya Kesehatan Mental Bagi Seorang Ibu. Sosialisasi ini disasarkan pada mitra PKK RW 07, Desa Klampok, Kec. Singosari. Sosialisasi ini dilaksanakan pada 11 Januari 2023 tepatnya di kediaman salah satu anggota PKK RW 07.

Masalah kesehatan mental bagi seorang ibu masih terdengar asing di masyarakat. Padahal beratnya tanggung jawab seorang ibu baik bekerja maupun rumah tangga dapat menimbulkan masalah pada kesehatan mental. Secara umum, masalah kesehatan mental yang dialami seorang ibu biasanya berupa perasaan lelah yang disertai kesal, sering melamun, atau terlalu memikirkan sesuatu yang belum tentu terjadi (overthinking).

Pentingnya kesehatan mental ini tidak hanya perlu menjadi perhatian bagi seorang ibu namun juga orang-orang disekitarnya. Para ibu bekerja atau rumah tangga perlu memahami pentingnya kesehatan mental agar mereka mampu mengelola dan mengungkapkan emosional mereka secara tepat, sehingga tidak terjadi tekanan psikis yang berlebihan. Disamping itu, suami, keluarga, dan saudara perlu memberikan dukungan (support system) kepada seorang Ibu.

Mengingat kita adalah mahasiswa yang notabenya belum terjun langsung atau belum memiliki pengalaman sebagai seorang ibu maka, metode penyampaian Sosialisasi pentingnya kesehatan mental bagi seorang ibu ini tidak sepenuhnya menggunakan metode ceramah, kita memanfaatkan sesi sharing bersama sebagai bentuk feedback dari ibu-ibu PKK kepada materi yang disampaikan dan Kelompok 64. Mengingat pengalaman seorang ibu lebih banyak dibanding remaja maka diharapkan sosialisasi ini bukan sebagai pegangan dalam kehidupan sehari-hari ibu-ibu desa Klampok tetapi sebagai pengingat bahwasannya pentingnya mental yang sehat bagi seorang ibu juga berpengaruh kepada karakter generasi bangsa berikutnya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun