Mohon tunggu...
Muhammad Farrel Nugraha Sem
Muhammad Farrel Nugraha Sem Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Airlangga

Mahasiswa 2021 Universitas Airlangga prodi S1 Psikologi

Selanjutnya

Tutup

E-Sport

E-sport: Sebuah Peluang atau Pengisi Luang?

8 Juni 2022   21:41 Diperbarui: 9 Juni 2022   09:07 149 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
E-Sport. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jamie McInall

Game online bukan lagi menjadi hal yang asing di telinga kita, terutama bagi anak muda bermain game online menjadi kegiatan yang diminati diwaktu luang. Kegiatan ini dirasa buruk bagi sebagian orang khususnya para orang tua yang khawatir akan berdampak pada nilai akademis mereka. Namun, bagi sebagian orang besarnya komunitas game online ini bisa menjadi peluang mencari penghasilan. Pendapatan yang diperoleh juga menggiurkan bisa sampai puluhan juta rupiah bahkan lebih.

            Pada SEA game kemarin terdapat hal yang berbeda dari beberapa dekade sebelumnya. Ajang perlombaan olahraga yang biasanya identik dengan pertandingan menggunakan fisik pada tahun ini terdapat ajang pertandingan yang melalui layar. Hasilnya pun cukup memuaskan dimana tim e-sport Indonesia meraih kemenangan atas Vietnam & Singapura. Hasil kemenangan ini bisa menjadi titik awal berkembangnya cabang olahraga e-sport di Indonesia.

            Dalam kanca internasional sendiri e-sport sudah menjadi bisnis serius yang digeluti, bahkan turnamen besar antar negara yang diselenggarakan memiliki total hadiah mencapai angka ratusan miliar rupiah. Maka tak heran e-sport menjadi bidang yang mulai dilirik oleh beberapa pihak. Baik itu pemain maupun pemilik modal semuanya tertarik.

            Hal ini membuka banyak peluang bagi pemain game online untuk memulai karinya sebagai atlet e-sport. Hanya bermodalkan kelihaian bermain mereka sudah bisa bersaing untuk menjadi atlet. Memang terlihat sebagai peluang yang mudah dan menggiurkan, tetapi tetap dipandang sebelah mata oleh sebagian orang. Beberapa berpendapat bahwa bidang ini bukan merupakan suatu pekerjaan hanyak sekedar hobi ataupun mengatakan jika dapat memberikan dampak yang buruk. Sebagian berpendapat jika bermain game hanya sebagai pengisi waktu luang saja. Hal ini tidak salah, karena itulah salah satu alasan game diciptakan.

            Terlepas dari segala persoalan, tidak bisa dibantah bahwa e-sport merupakan bidang dengan komunitas yang besar. Dan ini berpotensi menjadi pasar besar untuk para pengusaha bidang terkait maupun yang tidak menanamkan modal mereka. Dengan ini game online akan terus berkembang sedemikian rupa baik dari segi teknis permainan maupun fitur yang ditambahkan didalamnya.

            E-sport memang sudah menjadi bidang yang dilirik oleh sebagian besar orang, tetapi bidang ini masih termasuk baru sehingga masih banyak hal yang kembangkan nantinya. Masih banyak peluang yang bisa diambil dari bidang ini. Walau tentu ada pro dan kontra didalamnya tidak bisa dipungkiri kalua bidang ini akan bersaing ketat dalam bidang olahraga lainya baik dalam hal prestasi maupun ekonomi.

Mohon tunggu...

Lihat Konten E-Sport Selengkapnya
Lihat E-Sport Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan