Mohon tunggu...
Muhammad Farhan Atmawinanda
Muhammad Farhan Atmawinanda Mohon Tunggu... Penggores Tinta

Mempunyai passion dalam dunia sepakbola, basket, kuliner, dan fotografi. Berasal dari Jakarta.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Hasil Liga Inggris: Kalah di Derby Merseyside, Liverpool Kian Terpuruk

21 Februari 2021   04:01 Diperbarui: 21 Februari 2021   18:58 143 6 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Hasil Liga Inggris: Kalah di Derby Merseyside, Liverpool Kian Terpuruk
Sadio Mane berduel dengan Mason Holgate untuk memperebutkan bola (sumber foto: Akun Twitter resmi Liverpool)

Liverpool masih belum bangkit dari keterpurukan. Terbaru, pada laga bergengsi derby merseyside melawan Everton, mereka harus menerima kekalahan dari rival sekota 0-2.

Derby merseyside episode ke-236 yang kali ini digelar di Stadion Anfield, Liverpool berakhir menyedihkan bagi Liverpool.  Pada pertandingan yang diberlangsungkan pada Sabtu, 20 Februari 2021 pukul 17.30 waktu setempat itu menjadikan Everton sebagai pemenang.

Everton menang berkat gol cepat yang dicetak oleh Richarlison di menit ke-3 dan gol penalti Gylfi Sigurdsson pada menit ke-83. Kekalahan ini membuat laju kekalahan beruntun Liverpool di liga masih terus berlanjut. Termasuk kekalahan ini, seakarang mereka sudah menjalani empat kekalahan beruntun.

Terkait dengan kekalahan beruntun, mereka kini juga memegang sebuah rekor yang hampir serupa, namun jauh lebih memalukan. Ya, kekalahan ini membuat mereka kini selalu kalah dalam empat pertandingan liga terakhir yang digelar di kandang kebanggaan mereka sendiri, Anfield.

Terakhir kali Liverpool mampu meraih poin liga di Anfield adalah pada saat mereka ditahan imbang rival lainnya Manchester United satu bulan yang lalu.

Kekalahan liga keempat secara beruntun ini merupakan rekor terburuk yang pernah dialami Liverpool, menyamai catatan buruk serupa yang pernah mereka alami hampir satu abad yang lalu, yaitu pada periode Desember 1923. Uniknya, sama dengan Liverpool yang sekarang, Liverpool pada periode itu juga sedang menyandang status sebagai juara bertahan liga.

Kekalahan dari Everton ini juga semakin terasa pahit karena Everton berhasil memutus rekor buruk tak pernah menang di Anfield dalam 23 lawatan terakhir (10 seri dan 13 kalah). Terakhir kali Everton berhasil menang di Anfield adalah pada September tahun 1999 dimana ketika itu mereka berhasil membawa pulang kemenangan 1-0.

Everton juga memutus rekor tak pernah menang melawan Liverpool dalam 23 pertemuan terakhir mereka (12 seri dan 11 kalah).  Terakhir kali Everton mampu memenangi laga derby merseyside adalah pada Oktober 2010.

Untuk posisi kedua tim di klasemen sementara, hasil ini tak mengubah posisi Everton yang tetap berada di peringkat tujuh, dengan koleksi 40 poin. Sementara Liverpool berada satu strip di atas mereka dengan poin yang sama, hanya unggul dalam selisih gol.

Susunan Pemain

Jurgen Klopp tetap setia pada pakem 4-3-3. Ia tetap mempercayai formasi ini walaupun sudah mengalami 3 kekalahan beruntun. Minggu ini, Thiago Alcantara mendapatkan kesempatan untuk turun sebagai starter menggantikan James Milner.

Di kubu seberang, Carlo Ancelloti tampak konservatif dalam menghadapi laga ini. Ia memutuskan untuk sedikit merubah komposisi formasi. 3-5-2 dengan dua poacher yang siap menggempur pertahanan Liverpool dengan agilitas yang tinggi ketika membangun serangan balik pun menjadi pilihan. Ancelotti tidak memainkan seorang "nomor 9" murni, dan lebih memilih mengandalkan Richarlison dan James Rodrigues (kembali masuk starting line-up menggantikan Sigurdsson) sebagai pengisi 2 pos utama ujung tombak. Seamus Coleman dan Andre Gomes pun juga dipersiapkan untuk menggantikan Yery Mina dan Iwobi di barisan starter.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN