Mohon tunggu...
Muhammad Fajar ramadhan irsyal
Muhammad Fajar ramadhan irsyal Mohon Tunggu... Dokter - Dokter Spesialis THT-KL

Dokter Spesialis THT-KL RS THT Ciranjang Jakarta, RS THT Proklamasi , RS Brawijaya duren tiga

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Kotoran di Telinga, Apakah Perlu Dibersihkan Menggunakan Cotton Bud?

2 Maret 2021   22:55 Diperbarui: 2 Maret 2021   23:14 148
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Kotoran di telinga, apakah perlu di bersihkan menggunakan Cutton bud ?


Baiklah, para pembaca kompasiana, saya mau menceritakan kejadian saya praktek hari ini, di rs tht ciranjang. Pada saat jam 7 malam, saya kedatangan pasien yang masuk ke ruangan saya dengan gelisah, dia menyatakan keluhannya terdapat sumbatan dan rasa nyeri yang berlebihan di telinga sebelah kir.

Pasien mengaku sering menggunakan cutton bud saat membersihkan telinga, atau telinga terasa gatal, dan pasien mengakui bahwa terdapat cutton bud yang ketinggalan di telinga yang sebelah kiri semenjak 2 hari yang lalu.

Saya merasa heran, jika memang sudah ketinggalan sejak 2 hari yang lalu, kenapa baru datang sekarang ? ternyata pasien baru sadar kapas dari cutton bud nya tidak ada, tadi sore, setelah merasa ada keluhan di telinganya, jadi jika tidak ada keluhan, pasien tidak akan sadar ada yang ketinggalan.

Nahhh, inilah bahayanya menggunakan cutton bud, kadang beberapa kali pasien suka merasa tidak sadar akan cutton bud yang ketinggalan, ini wajar, karena setelah di lakukan pembersihan liang telinga kita akan mengalam sedikit pembengkakan sehingga menyebabkan mati rasa.

Setelah saya melakukan pemeriksaan, alangkah kagetnya saya rupanya tidak hanya di telinga kiri saja yang ada cutton budnya, tetapi telinga kanan, dan pasien tidak tahu akan hal ini, pasien memang habis korek telinga kanan dan itu seminggu yang lalu.

Jadi bisa di bayangkan, terdapat cutton bud di telinga kana yang merupakan itu benda asing, sehingga menyebabkan timbulnya jaringan granulasi (daging tumbuh) di telinga kanan, dan ini tidak baik, karena bisa menyebabkan gangguan telinga permanen, posisi cutto bud yang di sebelah kanan juga lebih masuk ke dalam, kenapa ? karena terdapat pembengkakan di liang telinga yang menyebabkan tekanan ke dalam telinga.

Akhirnya saya ambil kedua cutton bud tersebut, setelah terambil saya evaluasi kedua liang telinganya dan sesuai perkiraan saya, kondisi liang telinga kanan lebih jelek dari pada telinga sebelah kiri, karena lebih lama tersumbat akibat cutton bud dan terdapat darah akibat adanya jaringan granulasi.
Jadi sekali lagi saya ingatkan tinggalkan kebiasaan jelek buat membersihkan telinga menggunakan Cutton bud, kotoran telinga tidak perlu di bersihkan.

Terimakasih

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun