Mohon tunggu...
Muhammad Fajar ramadhan irsyal
Muhammad Fajar ramadhan irsyal Mohon Tunggu... Dokter Spesialis THT-KL

Dokter Spesialis THT-KL RS THT Ciranjang Jakarta, RS THT Proklamasi , RS Brawijaya duren tiga

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Dok, Amandel Anak Saya Bengkak, Apakah Perlu Dioperasi?

22 Februari 2021   00:07 Diperbarui: 22 Februari 2021   01:11 87 0 0 Mohon Tunggu...

Dok, amandel anak saya bengkak ? apakah perlu di operasi ?

Pertanyaan di atas sering di tanyakan orang tua pasien ke saya. Banyak yang bertanya mengenai hal ini, radang amandel, tetapi lucunya hampir semua orang tua menanyakan ke saya, apakah perlu di operasi ??

Padahal tidak semua radang amandel pada anak perlu di operasi, hanya beberapa kasus yang perlu di operasi. Terdapat beberapa kriteria yang di butuhkan jika perlu pengangkatan amandel pada anak. Anak memiliki sakit amandel itu wajar, tetapi yang tidak wajar jika terdapat komplikasi dari penyakit amandel tersebut.

Sekarang kita bahas, apakah amandel itu ? apakah semua anak punya ? ya, amandel adalah suatu organ  didalam tubuh manusia, dimana semua orang mempunyainya. Amandel merupakan dua kelenjar kecil yang berpasangan yang berada di tenggorokan yang berfungsi untuk mencegah terjadinya infeksi pada anak.

Seorang anak mengalami sakit amandel yang di katakan wajar jika anak tersebut mengalami penyakit tidak lebih dari 5x dalam setahun, tidak ada keluhan tidur ngorok, tidak terdapat darah di amandelnya, masih bisa makan dan minum saat lagi peradangan, tidak terdapat bau mulut yang berlebihan.

Radang amandel paling sering disebabkan oleh bakteri, cara penularan ini bisa melalui makanan, cipratan batuk atau bersin, penurunan daya imun tubuh dan penyebab lainnya. Bakteri yang paling banyak menyebabkan radang amandel yaitu kelompok Strepcoccus.

Buat radang amandel yang ringan tidak perlu operasi atau pemberian obat, cukup anak diminta untuk banyak minum air purih, jaga pola makan yang baik, jangan banyak jajan di luar, minum air hangat, hal ini bisa mengurangi atau bahkan menghilangka sakit amandel tersebeut, tetapi jika keluhannya berat bisa pertimbangan pemberian antibiotik sebelum dilakukan tindakan operasi.

Terimakasih

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x