Mohon tunggu...
Muhammad Fajar
Muhammad Fajar Mohon Tunggu... Mahasiswa

The true alchemists don't change lead into gold; they change the world into words.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi Pilihan

Kemajuan Teknologi Mempermudah Kehidupan Manusia

16 Januari 2021   23:45 Diperbarui: 16 Januari 2021   23:56 2223 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kemajuan Teknologi Mempermudah Kehidupan Manusia
Gambar seseorang sedang berbelanja online dirumah (sumber gambar: selular.id)

"Sekarang semua sudah dipermudah dalam segala hal dengan adanya Teknologi Digital"

Kalimat tersebut sering sekali terdengar di telinga kita ketika masyarakat menganggap segala urusan yang harusnya dilakukan nya dengan rumit seketika menjadi lebih mudah. Penyebabnya tidak lain adalah Teknologi. Tanpa dijelaskan sekalipun, semuanya pasti sudah tau apa itu Teknologi. Kebanyakan orang menganggap teknologi adalah sebuah inovasi perubahan, perubahan yang dapat membawa dampak besar bagi dunia.

Tanpa disadari pun setiap hari ternyata kita sudah diberkati oleh kemajuan teknologi, contohnya seperti Handphone. Dengan adanya handphone, seseorang dapat melakukan komunikasi dengan orang yang tidak sedang berada di tempat yang sama dengannya. Seiring berjalannya waktu pun, teknologi kian berkembang dan semakin membawa dampak yang semakin besar bagi kita.

Disini penulis merasa bahwa tidak mungkin hal seperti itu tidak dapat merubah kebiasaan (habit) masyarakat ataupun cara pandang mereka. Contohnya seperti seseorang yang daripada menonton berita di televisi, orang tersebut lebih suka membuka internet dan mencari berita yang ingin dia baca.

Hal di sini bukan hanya dilihat oleh kemajuannya saja, tetapi juga fleksibilitas dan dampak baik bagi penggunanya yang dimana pengguna dapat memilih secara bebas berita apa saja yang ingin dibacanya tanpa ada paksaan untuk mengetahui berita tersebut sampai habis.

Belum lama ini, juga banyak sekali terjadi suatu proses jual-beli tanpa harus keluar rumah. Apakah ini termasuk kemajuan teknologi? Yes! Itu sebut sebagai marketplace atau biasa disebut dengan garis besar "e-commerce".

E-Commerce di sini bukan hanya mengubah cara pandang manusia dalam berkehidupan maju tetapi juga merubah kebiasaan mereka yang tadinya harus membeli barang di toko secara offline, kini sudah bisa melakukannya dengan beberapa sentuhan jari di rumah.

Semuanya sudah dipermudah dan orang pun tidak perlu susah payah untuk keluar rumah. Begitu juga dengan beberapa orang yang ingin memulai karir usahanya dengan sangat mudah karena terbantu oleh teknologi yang ada. Hal ini menjadi dampak positif bagi para entepreuner untuk semakin berkembang dan mencari jalan meraih kesuksesan.

Bahkan bukan hanya membeli barang! Mengirim barang, mengantarkan barang juga sekarang semakin dipermudah dengan adanya ojek online. Penulis pun merasakan hal yang sama saat mengetahui betapa terbantunya kita dengan adanya kemajuan teknologi.

Selain E-Commerce, juga ada E-Business yang sangat mempengaruhi kita bahkan membawa dampak yang lebih besar lagi. Seperti contoh adanya suatu platform digital seperti social media digunakan untuk mengedukasi seseorang secara fleksibel dan tepat pada sasarannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN