Hobi

Hobi Olahraga Balap Dapat Meningkatkan Adrenalin dan Daya Tahan

7 Desember 2018   15:56 Diperbarui: 7 Desember 2018   16:19 98 0 0

Hobi adalah suatu kegiatan yang pastinya dimiliki oleh setiap orang dimuka bumi ini. Hobi bisa saja berbentuk apa pun. Seperti memasak, travelling, menulis, sepak bola, basket dan masih banyak lagi. 

Hobi semata-mata dilakukan karena keminatan para pelaku nya. Sesuatu juga dapat dikatakan hobi apabila hal tersebut senang atau suka dilakukan secara berulang-ulang oleh yang melakukannya. Hobi juga bisa membawa dampak baik. Salah satunya adalah sebagai sarana pelepas penat, meningkatkan kemahiran di bidang tersebut dan mengisi waktu luang.

Salah satu kegiatan yang bisa dikategorikan sebagai hobi adalah balapan. Yaa balapan.. Olahraga ini memang terbilang ekstrim. Karena melibatkan kecepatan tinggi dan memiliki resiko yang tinggi. Namun di balik itu semua, hobi ini memiliki banyak penggemar, bahkan tidak sedikit yang ingin langsung terjun ke lintasan untuk bisa merasakan sensasi balapan dan belajar berbagai macam tekniknya. Tentu untuk bisa melakukan hobi yang satu ini tidak bisa disembarang tempat. Harus dilakukan di lintasan atau biasa disebut dengan sirkuit. Dengan begitu, kita dapat melakukan hobi kita dengan tenang dan tidak perlu mengkhawatirkan mencelakai orang lain.

Mengontrol kecepatan motor, membuat momentum yang pas saat melakukan pengereman, dan saat untuk ber akselerasi adalah hal hal penting dalam dunia balapan motor. Karna jika tidak dilakukan dengan benar, maka akan berakibat fatal. Seperti crash, atau saat menikung akan melebar (wide) dan disalip oleh pembalap lainnya. Untuk bisa melakukan hal tersebut, tentu harus didukung oleh konsentrasi yang tinggi dan fisik yang kuat. Dan itu semua berawal diluar sirkuit. Setiap harinya, sang pembalap harus latihan fisik setiap harinya seperti, berlari, berlatih ketangkasan, push-up, sit-up dan angkat beban.

Itulah sebabnya mengapa olahraga balap ini dapat meningkatkan daya tahan serta adrenalin. Untuk daya tahan, sebagian besar dilakukan diluar sirkuit. Dan untuk adrenalin, tentunya dilakukan di dalam sirkuit. Kita akan merasakan adrenalin kita naik saat melakukan manuver tajam dengan kecepatan tinggi. Di situlah kita merasakan aliran darah menjadi cepat dan jantung akan berdegup lebih cepat. Tentu hal tersebut pasti akan disertai dengan rasa takut. Namun perasaan tersebut harus dilawan dan tetap berkonsentrasi. Hobi ini tidak semerta-merta hanya kebut-kebutan. Hobi ini juga mengajarkan kita untuk tetap bijak berada dijalan raya saat mengendarai kendaraan.