Mohon tunggu...
Muhammad FahimMasruh
Muhammad FahimMasruh Mohon Tunggu... Foto/Videografer - pemusik

mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Bertambah dan Berkurangnya Penduduk, Faktor Internal Terjadinya Perubahan Sosial di Masyarakat

12 Mei 2020   10:49 Diperbarui: 15 September 2022   11:26 23502 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Sejatinya studi mengenai perubahan sosial yang merupakan inti dri studi dalam sosiologi, sudah di kenal sejak abad ke-14. Ibnu khaldun lah yang pertama kali memperkenalkan konsep perubahan sosial.

Beliau adalah seorang pemikir islam dalam bidang ilmu sosial. Khaldun menyatakan bahwa sejatinya masyarakat secara historis bergerak dari masyarakat nomaden menuju ke arah masyarakat yang tinggal atau tetap.

Setiap masyarakat yang hidup di dunia ini pasti akan mengalami yang namanya perubahan. Tidak ada masyarakat yang lupun dari yang namanya perubahan, baik itu dari taraf yang kecil sekalipun. 

Perubahan tersebut akan terjadi baik itu perubahan yang kecil sampai taraf perubahan yag besar sehingga memberikan dampak bagi kehidupan suatu masyarakat tersebut. 

Perubahan juga bisa mencakup aspek  sempit hingga luas. Aspek yang sempit dapat berupa perilaku dan pola pikir individu tersebut, sedangkan aspek yang luas dapat berupa perubahan dalam tingkat struktur masyarakat yang nantinya dapat mempengaruhi perkembangan masyarakat di masa yang akan datang (Martono, 2011).

Selo Soemardjan merumuskan perubahan sosial sebagai perubahan-perubahan pada lembaga-lembagakemasyarakatan di dalam suatu masyarakat, yang mempengaruhi sistem sosialnya, termasuk di dalamnya nilai-nilai, sikap dan pola perilaku di antara kelompok-kelompok dalam masyarakat.

Sebagai salah satu faktor penyebab terjadinya perubahan sosial bertambah dan berkuragnya penduduk masuk dalam perubahan sosial yang besar. Karena, dengan terjadinya pertambahan dan berkurangnya penduduk maka dapat membawa pengaruh yang besar dalam berbagai aspek kehidupan serta dapat menimbulkan perubahan pada lembaga kemasyarakatan yang ada, seperti halnya dalam proses industralisasi. 

Bertambah dan berkurangnya penduduk juga masuk dalam perubahan sosial yang terjadi secara cepat. Karena, kerjadian tersebut terjadi secara cepat dan juga menyangkut hal-hal yang mendasar bagi kehidupan masyarakat serta lembaga-lembaga kemsayarakatan dan sering menimbulkan disintegrasi dalam kehidupan sosial, ekonomi dan politik. 

Terjadinya pertambahan penduduk yang amat cepat akan mengakibatkan perubahan dalam struktur masyarakat, khususnya dalam lembaga kemasyarakatannya. Conthnya, orang akan mengenal hak milik atas tanah, mengenal sistem bagi hasil, dan lain sebagainya, dimana mereka sebelumnya belum mengenal berbagai sistem tersebut. 

Sedangkan berkurangya penduduk akan mengakibatkan terjadinya kekosongan baik di dalam pembagian kerja, maupun stratifikasi sosial, hal tersebut akan mempengaruhi lembaga-lembaga kemsyarakatan yang ada. Dengan kata lain, berkurang dan bertambahnya penduduk satu sama lain saling berkesinambungan (ER, 2012).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan