Mohon tunggu...
Muhammad Dahron
Muhammad Dahron Mohon Tunggu... Freelancer - Karyawan

Menulis Artikel

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Tentang Student Loan di Indonesia: Beban atau Solusi?

30 Mei 2024   13:57 Diperbarui: 30 Mei 2024   14:03 127
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber gambar: pexels.com/ icsa-833425-1709003

Berbicara mengenai pendidikan tinggi, tak dapat dipungkiri bahwa biaya pendidikan merupakan hal penting yang harus diperhatikan. Di Indonesia, biaya perguruan tinggi pada umumnya cukup tinggi, terkadang bahkan mencapai ratusan juta rupiah. Hal ini tentu menjadi beban bagi siswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Pengertian Student Loan

Student loan adalah jenis kredit yang diberikan oleh lembaga keuangan atau perusahaan, dengan tujuan untuk membantu membiayai biaya pendidikan mahasiswa. Tentu saja, pilihan ini bisa menjadi solusi bagi mereka yang kesulitan memenuhi biaya pendidikan.

Namun, sebagai mahasiswa yang bertanggung jawab, ada baiknya untuk mempertimbangkan beberapa hal sebelum memutuskan untuk mengambil student loan tersebut. Pertama, perhatikan besaran bunga yang dikenakan oleh lembaga keuangan atau perusahaan yang menawarkan student loan. Biasanya bunga yang dikenakan pada student loan lebih tinggi daripada jenis kredit lainnya. Pastikan Anda memahami besaran bunga tersebut dan dapat mengaturnya dengan baik.

Perhatikan juga jangka waktu pelunasan dari student loan, serta batas waktu dimulainya pembayaran angsuran. Beberapa lembaga keuangan atau perusahaan menentukan batas waktu yang cukup singkat untuk memulai pembayaran angsuran setelah penerima kredit lulus studi. Pastikan Anda memahami batas waktu tersebut dan dapat mengaturnya sesuai dengan kondisi keuangan Anda.


Selain itu, pastikan juga bahwa lembaga keuangan atau perusahaan yang menawarkan student loan tersebut terpercaya dan tidak melanggar hukum atau etika bisnis. Perhatikan ketentuan-ketentuan yang berlaku pada perjanjian kredit serta konsekuensi yang akan diterima jika tidak mampu memenuhi pembayaran angsuran.

Sebagai tambahan, pastikan Anda mempertimbangkan alternatif lain dalam memenuhi biaya pendidikan, seperti bekerja paruh waktu, mencari beasiswa, atau mengurangi biaya sekolah dengan memilih universitas yang lebih terjangkau.

Terakhir, sebagai mahasiswa yang bertanggung jawab, pastikan bahwa Anda mempertimbangkan kemampuan finansial Anda secara matang dan memutuskan apakah student loan merupakan pilihan terbaik untuk membiayai biaya pendidikan Anda. Dengan memahami kelebihan dan kekurangan dari student loan, maka Anda akan dapat mengambil keputusan yang bijak dan sesuai dengan kebutuhan atau kondisi Anda.

Student Loan bisa Menjadi Beban Bagi Mahasiswa.

Ada juga yang berpendapat bahwa student loan justru bisa menjadi beban bagi mahasiswa. Mengapa demikian? Pertama, bunga yang dikenakan pada pinjaman ini relatif tinggi dan berpotensi memberatkan mahasiswa dalam jangka panjang. Selain itu, mahasiswa yang mengambil student loan harus bisa melunasi pinjaman tersebut dalam waktu tertentu setelah lulus, bahkan berkali-kali lebih besar dari jumlah uang yang dipinjamkan, jika kurang beruntung dalam mencari pekerjaan. Hal ini tentu menjadi beban berat bagi mahasiswa setelah lulus nanti.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun