Mohon tunggu...
Muhammad Dahron
Muhammad Dahron Mohon Tunggu... Freelancer - Karyawan

Menulis Artikel

Selanjutnya

Tutup

Travel Story Pilihan

Menyongsong Haji 2024: Berbagai Persiapan Jamaah Menuju Tanah Suci

23 Mei 2024   12:24 Diperbarui: 23 Mei 2024   12:27 80
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber gambar: pexels.com/ dibyendu-adhikary-3225049-4851628

Ibadah haji merupakan salah satu rukun Islam kelima yang wajib dilaksanakan oleh umat Muslim. Setiap tahunnya, jutaan muslim dari seluruh dunia berangkat ke Tanah Suci untuk menjalankan ibadah haji. Menjelang keberangkatan, jamaah haji harus mempersiapkan segala sesuatu dengan matang agar dapat menjalankan ibadah haji dengan baik. Berikut adalah berbagai persiapan yang perlu dilakukan oleh jamaah haji menuju Tanah Suci.

Persiapan Fisik dan Mental 

Persiapan Fisik dan Mental Menjelang keberangkatan ke Tanah Suci, jamaah haji harus mempersiapkan diri secara fisik dan mental. Jamaah haji harus memenuhi persyaratan kesehatan dan kebugaran agar dapat menjalankan ibadah haji dengan baik. Jamaah haji juga sebaiknya mempersiapkan perlengkapan seperti pakaian ihram, sepatu sandal khusus, serta obat-obatan pribadi yang dibutuhkan.

Segera setelah tiba di Tanah Suci, jamaah haji juga harus memperhatikan kondisi kesehatannya. Dalam keadaan normal, perubahan lingkungan dengan cuaca yang panas dan kering, serta adanya gangguan makanan atau minuman yang tidak terbiasa dapat menjadi suatu tantangan bagi kesehatan jamaah. Oleh karena itu, untuk memastikan jamaah haji memiliki kesehatan yang stabil dan kondisi tubuh tidak mengalami penurunan selama beribadah di Tanah Suci, jamaah haji perlu memperhatikan tips berikut:

- Mengonsumsi Makanan Sehat Makanan melimpah selalu menjadi suatu godaan, namun  jamaah haji perlu menghindari makanan pedas, maupun yang terlalu manis.  Makanan yang sehat dan seimbang akan memberikan dampak positif bagi tubuh.


- Mengonsumsi Air yang Cukup Air menjadi hal penting yang menjadi- perhatian bagi jamaah haji. Memastikan kecukupan asupan air selama beribadah agar tubuh tidak dehidrasi. Penggunaan air mentah sebaiknya dihindari, dan lebih baik menggunakan air kemasan.

- Menghindari Terik Matahari Jangan lupa untuk membawa peci/syal/pakaian yang menutupi tangan ketika berada di luar ruangan.   Dengan melakukan langkah-langkah tersebut, jamaah haji dapat menghindari paparan sinar matahari yang berbahaya. Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat menyebabkan kulit terbakar, sakit kepala, pusing, dan dehidrasi.

Dalam menyiapkan persiapan fisik dan mental menjelang beribadah haji sangat penting karena dapat mempengaruhi kondisi fisik dan mental jamaah haji selama menjalankan ibadah haji. Dan persiapan kesehatan selama berada di Tanah Suci juga sangat penting, untuk memastikan keselamatan dan kenyamanan jamaah selama menjalankan ibadah haji.

Mental jamaah haji juga harus dipersiapkan dengan baik. Jamaah haji harus memahami rukun-rukun ibadah haji, tata cara pelaksanaannya, serta memiliki niat dan keyakinan yang kuat untuk menjalankan ibadah haji dengan benar. Perlu juga untuk mempersiapkan diri menghadapi tantangan dan rintangan yang mungkin dihadapi selama perjalanan.

Persiapan Dokumen 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun