Mohon tunggu...
Muhammad Badrus Soleh
Muhammad Badrus Soleh Mohon Tunggu... Mechanical Engineering

Ig @ mas.yoshida

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

KKN UNTAG Surabaya Pelatihan Budidaya Lobster Air Tawar dan Sosialisasi Vaksinasi

25 Juni 2021   07:24 Diperbarui: 25 Juni 2021   07:28 69 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
KKN UNTAG Surabaya Pelatihan Budidaya Lobster Air Tawar dan Sosialisasi Vaksinasi
Dok. pribadi

Pandemi Covid-19 sangatlah berdampak pada perekonomian berbagai lapisan masyarakat tidak terkecuali para pemuda pemudi. Banyak dari pemuda yang di PHK dari pekerjaannya karena pandemic covid-19, namun tidak hanya sebatas itu ada juga pemuda pemudi setelah lulus sulit untuk mendapatkan pekerjaan karena dampak pandemic covid-19.

Salah satunya adalah pemuda di Dusun Pojok Ds. Tanjungkalang Kec. Ngronggot Kab. Nganjuk yang tidak sedikit pemuda disana menjadi pengangguran karena dampak covid -- 19. Rata- rata pemuda disana sebelumnya bekerja sebagi buruh di pabrik yang di PHK akibat pandemic covid-19. Sehingga tidak sedikit dari pemuda tersebut yang menganggur dirumah dan sebegian dari mereka hanya bekerja membantu orang tua.

Dalam keadaan tersebut salah satu Mahasiswa Fakultas Teknik di Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya bernama Muhammad Badrus Soleh dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (KKN) yang dilakukan di dusun tersebut berinisiatif untuk membukakan sebuah peluang usaha untuk para pemuda yang menganggur karena dampak pandemi covid-19.

Dok. pribadi
Dok. pribadi
Peluang usaha yang dilakukan adalah melakukan pelatihan budidaya lobster air tawar. Kegiatan tersebut dipilih karena budidaya lobster air tawar memiliki prospek yang cukup menarik serta perawatannya yang cukup mudah. Di pasar permintaan lobster air tawar untuk konsumsi sangatlah tinggi namun ketersediaan untuk lobster air tawar sendiri sangat kurang. Maka dari itu kegiatan budidaya lobster air tawar ini dilakukan juga untuk memenuhi kebutuhan pasar akan lobster air tawar.

Dok. pribadi
Dok. pribadi
Dalam kegiatan ini mahasiswa tersebut membantu para pemuda didusun pojok mulai dari pemodalan yang diberikan dari Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya untuk menunjang kegiatan tersebut, serta meberikan pelatihan untuk cara perawatan, pembesaran, serta pemijahan lobster air tawar. Tidak sampai situ saja ,mahasiswa tersebut juga memberikan edukasi untuk cara pemasaran produk tersebut sampai menjadi mitra produktif.

Dok. pribadi
Dok. pribadi
Disamping melakukan kegiatan pelatihan budidaya lobster air tawar untuk para pemuda di dusun pojok, Muhammad Badrus Soleh juga melakukan kegiatan sosialisasi vaksinasi dan 5M untuk warga sekitar. Kegiatan tersebut bertujuan memberitahu masyarakat pentingnya untuk mengikuti program vaksinasi yang dilakukan pemerintah serta mensosialisasikan kebiasaan 5M sebagai upaya memutus mata rantai penularan virus covid-19.

Dalam pelaksanaan program KKN Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya yang dilaksanakan mulai tanggal 6 Juni 2021 sampai dengan 30 Juni 2021, Muhammad Badrus Soleh didampingi Dosen Pendamping Lapangan (DPL) Ir. Gede Sarya, MT salah satu Dosen Fakultas Teknik. Menurut Ir. Gede Sarya, MT tujuan kegiatan pengabdian dimasa vaksinasi ini lebih menekankan pemberdayaan masyarakat sebagai upaya pemulihan ekonomi nasional serta sosialisasi vaksinasi.

#KitaUntagSurabaya

#UntukIndonesia

#UntagSurabayaKeren

#EcoCampus

#KampusKompeten

VIDEO PILIHAN