Mohon tunggu...
Muhammad Arsyad Sulaiman
Muhammad Arsyad Sulaiman Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Membaca

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Mumunculkan Jiwa Entrepreneur / Wirausaha Sejak Dini

23 Oktober 2022   22:17 Diperbarui: 23 Oktober 2022   22:24 117
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Sebelum seseorang memulai sebuah usaha atau ketika seseorang ingin menjadi entrepreneur tentu hal utama yang diperlukan yaitu menumbuhkan jiwa entrepreneur. Siapapun pasti ingin menjadi interpreneur atau wirausaha yang sukses, Tetapi yang serius dalam menjalankan sebuah usaha mungkin hanya ada sebagian orang. Hal itu tidak terlepas dari sebuah hambatan-hambatan yang dihadapi baik sebelum memulai usaha maupun ketika usaha tersebut sudah berjalan.

Maka, untuk membangun sebuah usaha atau bisnis, dan mewujudkan agar menjadi entrepreneur yang sukses, diperlukan langkah awal yaitu harus menumbuhkan jiwa entrepreneur. Untuk menumbuhkan jiwa entrepreneur itu sendiri diperlukan keahlian khusus.

Dengan jiwa entrepreneur seseorang akan termotivasi agar selalu produktif serta melakukan inovasi-inovasi baru guna menciptakan peluang usaha yang lebih menguntungkan. Selain menumbuhkan jiwa entrepreneur, hal yang dibutuhkan dalam memulai sebuah usaha adalah skill. Skill atau keterampilan juga bisa kita tumbuhkan dan kita pelajari.

Skill atau keterampilan adalah sebuah kemampuan untuk menumbuhkan akal atau pikiran, ide serta kreativitas dalam hal mengerjakan sesuatu, mengubahnya atau membuat yang baru yang lebih bermakna sehingga menghasilkan sebuah nilai yang lebih tinggi dari hasil pekerjaan tersebut. Maka dari itu jiwa entrepreneur dan skill merupakan satu kesatuan yang harus seiring berjalan ditumbuhkan dalam diri seseorang untuk menggapai cita-cita yaitu menjadi pengusaha yang sukses.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun