Mohon tunggu...
Muhammad Arif Arofah ST
Muhammad Arif Arofah ST Mohon Tunggu... Insinyur - Teknik Sipil BINUS University 2016 - 2020 (S.T) | Highway and Transport Engineer | Director Marcomm YOT Bekasi 2022 @yotbekasi | IG @arifarofah | muhammadarifarofah@gmail.com

Suka musik keras dan berinteraksi sosial

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

3 Cara Supaya Kamu Berkarisma Saat Bicara di Depan Banyak Orang!

11 September 2022   09:58 Diperbarui: 11 September 2022   10:05 171 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber Gambar : Freepik/albertyurolaits

Hai Kompasianers! Bagaimana caranya supaya kamu dapat memancarkan kharisma yang positif saat berbicara di depan banyak orang? Yaitu dengan cara Rendah Hati, Tahu Diri, serta Nyaman dengan Diri Sendiri. Yuk ikuti 3 cara berikut lebih dalam versi saya supaya kamu bisa memancarkan kharisma saat berbicara di depan banyak orang:

1. Rendah Hati

Sumber Gambar : Freepik/katemangostar
Sumber Gambar : Freepik/katemangostar

Kamu tidak perlu memamerkan seluruh pencapaian yang sudah didapatkan. Cukup dengan pembuktian dari orang sekitar saja tentang seperti apa dirimu. Terkadang, pujian dari orang lain bisa membuat kita jumawa dan bisa membuat kamu puas dengan apa yang sudah dicapai saat ini. Padahal, kamu tetap bisa mengasah dan menambah pencapaian lebih baik dan banyak lagi.

2. Tahu Diri

Sumber Gambar : Freepik/katemangostar
Sumber Gambar : Freepik/katemangostar

Kamu harus berdamai dengan kelebihan dan kekurangan pada diri sendiri. Dengan mengakui kekurangan, maka kamu akan selalu belajar untuk hal yang lebih baik lagi. Serta kamu juga harus percaya diri dengan kelebihan yang dimiliki. Supaya orang lain merasa yakin untuk mendengarkan apa yang kamu sampaikan.

3. Nyaman dengan Diri Sendiri

Sumber Gambar : Freepik/homestudio
Sumber Gambar : Freepik/homestudio

Saat sedang bericara, kamu harus menjadi diri sendiri tanpa harus meniru dan menyamakan pencapaian orang lain. Dengan meniru orang lain, maka kamu bisa dianggap tidak mempunyai ciri khas tersendiri. Menjadi diri sendiri bisa membuat kamu tampil apa adanya, lebih lepas, dan tidak berbohong untuk membuat jadi lebih hebat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan