Mohon tunggu...
Muhammad Arif Arofah
Muhammad Arif Arofah Mohon Tunggu... Insinyur - Teknik Sipil BINUS University 2016 - 2020 (S.T) | Highway and Transport Engineer | Director Marcomm YOT Bekasi 2022 @yotbekasi | IG @arifarofah | muhammadarifarofah@gmail.com

Suka musik keras dan berinteraksi sosial

Selanjutnya

Tutup

Life Hack

Ingin Membuat Penonton Nyaman Saat Melihat Kamu Presentasi ? Ikuti 3 Cara ini!

27 April 2022   16:42 Diperbarui: 27 April 2022   16:49 102 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber Gambar: Freepik/tirachardz

Halo Kompasianers! Ingin membuat penonton nyaman saat melihat kamu presentasi? Ada 3 cara yaitu dengan menggunakan prinsip 10, 20, dan 30. Berikut penjelasan lebih rinci 3 Cara agar penonton dapat nyaman melihat kamu presentasi versi penulis: 

1. 10 Slide PPT

Sumber Gambar: Freepik/rawpixel.com              
            googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-712092287234656005-411');});
Sumber Gambar: Freepik/rawpixel.com googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-712092287234656005-411');});
10 Slide Powerpoint disini hanya permisalan supaya kamu jangan terlalu banyak membuat nya. Karena penonton akan bosan jika terlalu banyak slide yang kamu terangkan. Pastikan disetiap slide yang akan kamu tampilkan, hanya menampilkan kata kunci yang akan kamu terangkan saja. Hal tersebut juga tergantung dari durasi yang  telah ditentukan untuk kamu presentasi. Hal yang harus kamu perhatikan yaitu pemilihan perpaduan warna yang selaras, sehingga membuat penonton nyaman melihatnya. 

2. 20 Ukuran Font

Sumber Gambar: Freepik/flaticon
Sumber Gambar: Freepik/flaticon
20 Ukuran font Slide Powerpoint disini hanya permisalan supaya kamu jangan menampilkan font terlalu besar maupun terlalu kecil. Angka 20 merupakan ukuran yang sangat ideal di Powerpoint versi penulis. Dan tentunya, setiap orang mempunyai penilaian dan selera yang berbeda pula, termasuk kamu. Hal yang perlu kamu perhatikan yaitu pemilihan jenis font yang mudah dipahami oleh semua orang, misalnya Times New Roman, Calibri, Arial, dan Book Antiqua.

3. 30 Menit Presentasi

Sumber Gambar: Freepik/freepik
Sumber Gambar: Freepik/freepik
30 menit presentasi disini hanya permisalan supaya kamu jangan presentasi terlalu cepat maupun terlalu lama. Hal tersebut juga disesuaikan dengan durasi yang  telah ditentukan untuk kamu presentasi. Kalau kamu terlalu cepat, ada kemungkinan penonton belum menangkap pesan yang disampaikan. Kalau kamu terlalulama, ada kemungkinan penonton sudah terlalu banyak mendapatkan informasi dari kamu alias bertele - tele. Sering - seringlah berlatih supaya kamu bisa menyampaikan sebuah informasi dengan waktu yang ideal.

Nah, itu 3 cara agar dapat membuat penonton nyaman menikmati presentasi yang kamu lakukan. Intinya yaitu harus memperhatikan jumlah slide, ukuran font, dan lama penampilan. Berbicara itu tidak mudah lho, jadi jangan lupa menghargai yang sedang berbicara di depan kamu. Jangan lupa Kompasianers untuk selalu berlatih dan memperbaiki kesalahan. See You On Top!  

Mohon tunggu...

Lihat Konten Life Hack Selengkapnya
Lihat Life Hack Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan