Mohon tunggu...
Muhammad Anas
Muhammad Anas Mohon Tunggu... https://pendidikanpedia.com

Seorang pendiam dengan pikiran yang lantang. Gemar membaca dan menulis. Antusias terhadap perkembangan teknologi dan internet. Yang jelas lebih suka ngopi daripada ngeteh.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

5 Contoh Teks Eksplanasi Singkat Terbaru

11 Januari 2021   23:48 Diperbarui: 12 Januari 2021   00:25 9790 8 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
5 Contoh Teks Eksplanasi Singkat Terbaru
membaca contoh teks eksplanasi

Salah satu materi yang muncul pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di tingkat SMP atau SMA adalah teks eksplanasi. Secara singkat, teks eksplanasi itu adalah teks yang menjelaskan mengapa dan bagaimana suatu peristiwa dapat terjadi. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi dengan kalian tentang beberapa contoh teks eksplanasi singkat.

Biasanya teks eksplanasi memuat penjelasan peristiwa dengan urutan kejadian kronologis atau sesuai dengan kaidah sebab-akibat. Untuk macam-macam peristiwa yang dimuat sendiri bisa berbagai macam, mulai dari peristiwa fenomena alam, sosial, budaya, hingga ilmu pengetahuan.

Struktur teks eksplanasi ialah pernyataan umum, deretan penjelas atau urutan sebab-akibat, dan diakhiri dengan intepretasi yang sifatnya opsional, bisa ada dan tidak.

Salah satu syarat sebuah teks eksplanasi adalah harus memuat fakta atau data ilmiah. Karena teks eksplanasi merupakan teks yang berisi kaidah keilmuan. Tujuan dari teks eksplanasi sendiri ialah untuk menambah wawasan dan pengetahuan pembaca. Diharapkan pembaca memperoleh pengetahuan baru terkait suatu hal setelah membaca teks eksplanasi.

Untuk materi teks eksplanasi lebih lanjut, silahkan kunjungi situs Sudut Pintar.

Langsung saja, berikut ini 5 contoh teks eksplanasi singkat.

Contoh Teks Eksplanasi Gunung Meletus

Gunung meletus merupakan suatu fenomena alam yang dapat terjadi disebabkan oleh endapan magma yang ada di dalam perut bumi.

Gas yang ada di dalam bagian perut bumi tersebut kemudian akan menyembur ke luar dengan kekuatan yang begitu besar.

Belum lagi gas-gas yang disemburkan keluar dari gunung berapi tersebut juga membawa benda-benda lainnya semacam bebatuan dan kerikil.

Hal inilah yang menjadikan gunung meletus sebagai salah satu bencana alam yang berbahaya bagi masyarakat Indonesia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN