Mohon tunggu...
Muhammad Aditiyanto
Muhammad Aditiyanto Mohon Tunggu... Mahasiswa - UPI

FPOK UPI

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

KKN Tematik UPI 2021: Covid Itu Penyakit Bukan Aib!

28 Juli 2021   02:33 Diperbarui: 28 Juli 2021   02:35 79 1 0 Mohon Tunggu...

Virus corona telah menyebar diberbagai belahan dunia, bukan hanya negara, provinsi atau kabupaten, tetapi sampai pelosok desa sekalipun virus ini telah menimbulkan dampak yang mengkhawatirkan. Pandemi Covid-19 melanda Indonesia sejak Maret 2020. 

Upaya mencegah penyebaran virus dan menanggulangi dampak pandemi bukan hanya merupakan tanggung jawab pemerintah semata, tetapi memerlukan peran serta setiap elemen masyarakat. Apabila setiap warga masyarakat berperan aktif dalam upaya pencegahan, maka pandemi akan berhasil dikendalikan.

"Yuk, bagi senyuman dan dukungan bagi teman/saudara yang positif Covid-19 untuk sembuh" Tetap tenang, optimis sembuh dan tidak mengucilkan. Bantu isolasi mandiri, jika keadaan memburuk cepat hubungi layanan kesehatan terdekat. Bersikap jujur terkait riwayat perjalanan maupun kontak. Sampaikan keluh kesah kepada orang terdekat. 

Pertahankan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang merupakan perilaku kesehatan yang dilakukan karena kesadaran pribadi sehingga keluarga dan seluruh anggotanya mampu menolong diri sendiri pada bidang kesehatan serta memiliki peran aktif dalam aktivitas masyarakat. Sosialisasi PHBS bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku agar dapat menerapkan cara-cara hidup sehat dalam rangka menjaga, memelihara, dan meningkatkan kesehatan. 

Pola pikir ini harus ditanamkan kepada masyarakat yang harus dimulai dari diri sendiri untuk menciptakan sumber daya manusia yang produktif. Upaya dalam pencegahan penyebaran virus Corona masuk kedalam tubuh adalah dengan menjaga kebersihan diri salah satunya dengan menerapkan PHBS dan dengan mencuci tangan dengan baik menggunakan sabun maupun cairan antiseptik. Cara lainnya adalah dengan meminimalisir menyentuh area wajah jika tangan masih kotor, menggunakan masker serta menjaga jarak fisik/phycical distancing.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN