Mohon tunggu...
Muhammad Naufal Aslam
Muhammad Naufal Aslam Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa UIN SUKA Ilmu Komunikasi (21107030034)

Be Humble

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

SEA Games: Timnas Indonesia Bantai Filipina

14 Mei 2022   00:36 Diperbarui: 14 Mei 2022   00:45 174 3 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Photo By Instagram @pssi

Timnas Indonesia berhasil membantai Filipina dengan skor 4-0 dalam lanjutan grup A SEA Games 2021. Pertandingan dilangsungkan di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Vietnam, pada Jumat (13/5/2022) sore WIB. Gol kemenangan Indonesia dicetak oleh Muhammad Ridwan dan Rizky Ridho di babak pertama, sedangkan di babak kedua gol dicetak oleh Egy Maulana Vikri dan Marselino Ferdinan.

Dengan hasil ini Timnas Indonesia semakin berpeluang untuk lolos ke babak semifinal SEA Games tahun 2021, setelah di partai pertama gagal meraih poin saat melawan tuan rumah dan di pertandingan kedua berhasil mengalahkan Timor Leste dengan skor 4-1. Dalam pertandingan terakhir Indonesia akan menghadapi Myanmar untuk menentukan siapa yang akan lolos ke babak semifinal. Saat ini Vietnam masih bertengger di puncak klasmen dengan 7 poin setelah berhasil mengalahkan Myanmar dengan skor tipis 1-0, sedangkan Indonesia dan Myanmar sama sama mengoleksi 6 poin dan pertandingan terakhir besok sangat menenentukan siapa yang bakal lolos ke semifinal. Pertandingan melawan Myanmar akan dilangsungkan besok Minggu (15/5/2022).

Jalannya Pertandingan

Di awal babak pertama, Permainan Timnas Indonesia belum padu sedangkan para pemain Filipina langsung bermain menyerang dengan ngotot, alhasil Filipina berhasil membahayakan gawang Indonesia melalui sepakan spekulasi gelandang mereka Scott Philip Woods dari luar kotak Penalti, namun masih berhasil di antisipasi oleh Ernando Ari Sutaryadi.

10 menit berjalan, permainan Indonesia sudah mulai menemukan pola permainan dan keluar dari tekanan, alhasil Egy Maulana Vikri berhasil menciptakan gol di menit ke 13’, namun golnya dianulir wasit karena Egy berada dalam posisi offside saat menerima umpan.

Timnas Indonesia semakin ganas dalam menyerang Filipina, alhasil 5 menit berselang. Berawal dari umpan cantik Rizky Ridho, Egy yang berhasil lolos dari jebakan offside, menggiring bola dan memberikan umpan ke kotak penalti, dan dengan mudah Muhammad Ridwan dapat menceploskan bola ke gawang Filipina, Timnas unggul 1-0.

Setelah unggul Timnas semakin menguasai permainan, lini tengah timnas yang berisi Mark Klok, Abimanyu, dan Ricky Kambuaya berhasil menjadi inti permainan timnas Indonesia. Indonesia memiliki banyak peluang namun belum bisa menghasilkan gol tambahan, misalnya peluang Witan Sulaiman di menit 31’ yang berhasil melewati kiper, namun sayangnya witan tidak dalam posisi bagus untuk menendang bola, alhasil bola berhasil diselamatkan oleh bek Filipina.

Gol kedua bagi Indonesia akhirnya pecah juga, di menit ke 44’ tendangan bebas melengkung Abimanyu berhasil di manfaatkan oleh Rizky Ridho setelah menang duel dengan kiper Filpina di dalam kotak enam yard dan sukses menanduk bola yang membawa Indonesia unggul 2-0. Babak pertama pun berakhir dengan keunggulan Timnas Indonesia.

Di awal babak kedua, Shin Tae-yong melakukan pergantian pemain dengan memasukkan Marselino Ferdinan dan Irfan Jauhari menggantikan Abimanyu dan Ridwan.

Upaya Filipina untuk mengejar ketertinggalan sudah mulai terlihat di awal babak kedua, Bedic berhasil mendapatkan ruang di kotak penalti Indonesia namun tendangannya masih membentur mistar gawang dan gagal berbuah gol.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan