Mohon tunggu...
Muhammad NaufalFadli
Muhammad NaufalFadli Mohon Tunggu... Freelancer - Mahasiswa Sastra Indonesia

Cuman mahasiswa sastra yang menekuni menulis dan suka menyeduh kopi

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Peran Serta Manfaat Wawasan Nusantara terhadap Kebhinekaan

28 Desember 2020   01:30 Diperbarui: 27 April 2021   08:29 2221 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Peran Serta Manfaat Wawasan Nusantara terhadap Kebhinekaan
Manfaat wawasan nusantara terhadap kebhinnekaan. | kompas.com

Wawasan nusantara dapat dikatakan sebagai cara pandang,konsep,dan dasar ideologi konstitusional dimana Indonesia sebagai negara yang terdiri dari ribuan pulau serta ribuan latar belakang sosial budaya penduduknya berupaya mempersatukan satu kesatuan antara ideologi, politik, ekonomi, sosiokultural, serta masalah keamanan dan pertahanan. Hal ini terkait dengan sikap negara yang mengutamakan pada persatuan dan kesatuan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan bentuk geografinya berdasarkan pancasila dan UUD 1945.

Peran serta wawasan nusantara juga sangat penting dalam menentukan arah kebijakan nasional karena tujuan dari wawasan nusantara adalah menjunjung tinggi kepentingan nasional, serta kepentingan kawasan untuk menyelenggarakan dan membina kesejahteraan serta kedamaian kepada seluruh penduduk.

Jadi, setiap menentukan arah dan kebijakan nasional pasti dengan tujuan yang baik dan adil kepada seluruh penduduk indonesia dengan tidak memberikan dampak buruk serta  merugikan warga yang berada di daerah lain yang terletak dinusantara.

Kita juga medapat manfaat  dalam mempelajari wawasan nusantara yaitu memperkuat persatuan dan kesatuan dalam lingkungan bermasyarakat, dan lebih memperkokoh kebhinekaan yang dimana kita tahu. 

Nusantara ini terdiri dari ribuan pulau dan ribuan latar belakang sosial budaya pada penduduknya masing-masing, jadi sangat penting kokohnya sebuah kebhinekaan karena walaupun berbeda-beda tapi kita semua dapat bersatu dan hidup rukun sebagai warga negara yang sama yaitu indonesia.

Dasar Pokok Pemikiran Wawasan Nusantara Dan Pentingnya Mempelajari Wawasan Nusantara Dalam Perkulihaan.

Dasar pokok pemikiran wawasan nusantara ialah pada Undang-Undang Dasar 1945. Dalam UUD 1945 tersebut dijelaskan tujuan kemerdekaan Indonesia ialah untuk melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, serta mewujudkan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan perdamaian abadi dan keadilan sosial.

Pengertian,fungsi,manfaat dan pokok pikiran dari wawasan nusantara ini mengapa sangat penting dipelajari di perkulihaan adalah agar mahasiswa-mahasiswa yang dimana mempunyai kekuatan yang luar biasa pada dirinya masing-masing bisa tahu bahwa apasih tujuan dari negara kita menggapai kemerdekaan ini? 

Dan ternyata masih banyak hal-hal yang harus di perjuangankan,dipertahankan dan disatukan walaupun sudah mencapai kemerdekaan,sehingga jiwa-jiwa nasionalisme pada mahasiswa dapat tumbuh untuk mempertahankan dan mencapai tujuan nusantara ini yaitu menggapai kemerdekaan yang 100%.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan