Mohon tunggu...
Muhammad Andi Firmansyah
Muhammad Andi Firmansyah Mohon Tunggu... Penulis - Mahasiswa Ilmu Politik

Fate seemed to be toying us with jokes that were really not funny.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

11 Pelajaran Berharga dari Patrick Star tentang Kehidupan

27 Januari 2022   11:25 Diperbarui: 1 April 2022   10:58 11910
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Film animasi Spongebob Squarepants(IMDb via kompas.com)

Saya yakin bahwa SpongeBob SquarePants memiliki banyak penonton "loyal" karena (hampir) semua episodenya bisa dinikmati semua kalangan. Saya adalah salah satu dari penonton "loyal" itu.

Meskipun kini saya berumur 18 tahun, namun bila sempat, saya selalu menonton serial SpongeBob SquarePants. Ada perbedaan yang luar biasa ketika saya menontonnya di kala bocah dan sekarang.

Yang berbeda bukanlah konsep kartun tersebut, meskipun ada benarnya juga, tapi lebih-lebih lagi tentang prakonsepsi saya sendiri ketika menontonnya.

Selain yang sekarang kerap ditertawakan orang sekitar karena dianggap tidak sadar umur, tetapi belakangan saya tersadar bahwa hampir semua adegan lucu dalam SpongeBob SquarePants mengimplisitkan makna tentang kehidupan.

Kata "kehidupan" saya gunakan untuk merangkum nilai-nilai lainnya, seperti pertemanan, mengenal diri sendiri, dan memecahkan masalah. Saya kembali menonton episode lama sembari merenungkan filosofi apa yang mungkin tersemat dalam setiap kutipannya.

Dari semua karakter yang berlakon di serial SpongeBob SquarePants, saya menyukai Patrick Star dari semua dimensi: kebodohannya, keluguannya, kelucuannya, dan kadang-kadang kegeniusannya.

Jadi, saya telah mengumpulkan beberapa kutipan atau quotes dari Patrick Star, dan saya mencoba untuk memberikan filosofi terhadapnya supaya dapat menjadi pelajaran berharga bagi kita yang menontonnya.

Dan oh, saya menontonnya dalam versi bahasa Inggris sehingga ada beberapa kutipan yang mungkin struktur kalimatnya berbeda dengan yang biasa tayang di TV lokal.

Meskipun konyol dan lugu, kita bisa belajar banyak hal dari Patrick Star | Gambar dari Nickelodeon via YouTube
Meskipun konyol dan lugu, kita bisa belajar banyak hal dari Patrick Star | Gambar dari Nickelodeon via YouTube

1. Paradoks Dunning-Krugger

Sekali waktu, Patrick berkata, "Orang bodoh tidak menyadari betapa bodohnya mereka." Kutipan ini mengingatkan saya pada Dunning-Krugger Effect atau saya menyebutnya "paradoks ketidaktahuan diri sendiri".

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun