Mohon tunggu...
Edukasi

Pembuatan Peta Administrasi Dusun dan Peta Sebaran Fasilitas Desa Gondangwinangun

18 Februari 2019   12:28 Diperbarui: 18 Februari 2019   13:06 0 0 0 Mohon Tunggu...
Pembuatan Peta Administrasi Dusun dan Peta Sebaran Fasilitas Desa Gondangwinangun
Sumber: Dokumentasi Tim I KKN Universitas Diponegoro, 2019. Dokpri

Gondangwinangun, Ngadirejo -- Senin (18/2) Tim KKN I Universitas Diponegoro telah menyelesaikan program kerja pembuatan peta administrasi dusun dan peta sebaran fasilitas Desa Gondangwinangun.

Program ini dilaksanakan Gondangwinangun sebagai iniisiatif untuk menyediakan data geospasial berupa peta administrasi dusun  dan peta sebaran fasilitas yang belum dimiliki oleh pemerintah desa dan belum akurat batas-batas daerahnya. Kegiatan ini melibatkan mahaiswa KKN, perangkat desa, dan 9 kepala dusun di Desa Gondangwinangun.

Pelaksanaan pembuatan peta administrasi dusun ini terdiri dari kegiatan survey, validasi hasil survey, layouting hasil, dan pencetakan produk peta. Kegiatan survey terdiri dari 2 (dua) metode yaitu survey primer melalui observasi lingkungan desa dan survey sekunder melalui pengolahan data shapefile dari Bappeda dan Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan Permukiman Kabupaten Temanggung. 

Setelah dilakukan pengolahan terhadap hasil survey tersebut, dilakukan validasi hasil survey bersama dengan perangkat desa dan 9 kepala dusun Desa Gondangwinangun. Dari hasil validasi tersebut ternyata diketahui bahwa ada sejumlah perbedaan dari data awal milik pemerintah kabupaten dan kondisi real yang ada di lapangan, oleh karena itu melalui validasi hasil survey tersebut dilakukan perbaikan data sesuai dengan kondisi real di lapangan.

Setelah hasil survey dinyatakan sudah sesuai oleh perangkat desa dan 9 kepala dusun di Desa Gondangwinangun, maka kemudian hasil tersebut dilayouting dalam skala 1:3.500 (ukuran kertas A1) dan disesuaikan dengan aturan penyajian peta menurut  ketelitian peta menurut Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2013 tentang Ketelitian Peta. Setelah dilayout baru kemudian produk peta tersebut dicetak dan ditampilkan di kantor desa.

Diharapkan dengan tersedianya data geospasial berupa peta administrasi dusun dapat dimanfaatkan sebagai data dasar perencanaan dan pembangunan pada tingkat desa. Hal ini juga diperkuat dengan diberikannya pendampingan untuk pengoperasian software pemetaan (ArcGIS 10.3) kepada sekretaris desa, sehingga data-data pemetaan baik yang dalam bentuk hardfile dan softfile dapat dimanfaatkan dengan maksimal.

Dokpri
Dokpri
Dokpri
Dokpri


KONTEN MENARIK LAINNYA
x