Mohon tunggu...
Humaniora

Kumpulan PKK Dusun Carikan

10 Februari 2019   17:59 Diperbarui: 10 Februari 2019   18:35 0 1 1 Mohon Tunggu...
Kumpulan PKK Dusun Carikan
Sumber: Dokumentasi Tim I KKN Universitas Diponegoro, 2019

Gondangwinangun, Ngadirejo -- Kamis  (7/2) Tim KKN I Universitas Diponegoro mendapatkan kesempatan untuk mengikuti salah satu kegiatan yang diadakan oleh pengurus PKK Dusun Carikan, Desa Gondangwinangun. 

Kegiatan tersebut dilaksanakan disalah satu rumah milik pengurus PKK Dusun Carikan. Kegiatan kumpulan PKK Dusun Carikan ini adalah agenda rutin yang dilaksanakan setiap bulan, dimana dalam kegiatan tersebut tujuannya adalah untuk koordinasi setiap pengurus dawis per RT/RW dan laporan kegiatan setiap dawis kepada ketua PKK Dusun Carikan.

Koordinasi yang dimaksudkan dalam kegiatan tersebut adalah ketua PKK Dusun Carikan akan menyampaikan informasi-informasi yang telah disampaikan dalam forum PKK Desa Gondangwinangun, dan setiap pengurus dawis per RT/RW akan melaporkan kegiatan dawis yang telah mereka lakukan termasuk penyetoran sejumlah uang rutin yang telah dikumpulkan. 

Dalam kesempatan kumpulan PKK Dusun Carikan periode bulan februari tersebut, Ketua PKK Dusun Carikan menyampaikan informasi terkait kewajiban pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA) bagi anak usia 0-16 tahun termasuk penjelasan terkait mekanisme dan persyaratan pembuatannya.

Tim KKN I Universitas Diponegoro Desa Gondangwinangun sendiri diberikan kesempatan untuk menyampaikan materi terkait pengelolaan sampah dan pentingnya pembentukan bank sampah. Materi yang disampaikan oleh Tim KKN sendiri mendapatkan respon positif dari peserta kegiatan kumpulan PKK tersebut karena selain bermanfaat untuk menjaga kebersihan lingkungan, tapi juga berpeluang untuk memberikan manfaat peningkatan ekonomi bagi masyarakat. 

Harapannya, dengan disampaikannya materi tersebut ibu-ibu PKK Dusun Carikan dapat menjadi motor penggerak dalam sistem pengelolaan sampah khususnya di Dusun Carikan, dan pembentukan bank sampah dapat segera diwujudkan.

KONTEN MENARIK LAINNYA
x