Edukasi

Posyandu Desa Gondangwinangun

3 Februari 2019   22:56 Diperbarui: 3 Februari 2019   23:11 17 0 0

Desa Gondangwinangun memiliki beberapa program kesehatan sebagai sarana deteksi dini pennyakit, pencegahan penyakit dan menjaga kebugaran tubuh. Salah satu program tersebut yaitu posyandu (Pos Pelayanan Terpadu) Balita dan Lansia. 

Posyandudi Desa Gondangwinangun Kecamatan Ngadirejo temanggung, diadakan setiap satu bulan sekali.Tanggal  15 Januari telah diadakan posyandu di Dusun Kedawung, tanggal 16 Januari diadakan posyandu di Dusun Pancas, pada tanggal 17 Januari telah diadakan di Klurak dan tanggal 18 Januari telah diadakan posyandu di Gamblok.

Posyandu balita diadakan pemeriksaan berat badan, tinggi badan, lingkar kepala, pemeriksaan perkembangan KMS dan pemberian makanan tambahan seperti bubur kacang hijau. 

Sedangkan, pada Posyandu lansia diadakan pemeriksaan berat badan dan tekanan darah. Dari beberapa kali posyandu yang diikuti didapatkan bahwa partisipasi lansia dalam mengikuti posyandu masih minim terutama untuk lansia laki-laki hal ini dikarenakan rasa malu dan posyandu bukanlah kebutuhan, selain itu terdapat masalah bahwa lansia lupa membawa kartu BPJS, menitipkan kartu BPJS namun tidak berpartisipasi dalam posyandu, serta pemeriksaan tekanan darah yang menun jukan hasil bahwa lansia banyak yang hipertensi.

Sedangkan posyandu balita terkadang menjadi moment yang menyedihkan karna tidak sedikit balita yang diukur berat badannya menangis akibat timbangan yang dipakai tidaklah nyaman, selain itu pengisian kartu perkembangan anak juga belum maksimal dilakukan.

Kader kesehatan di Desa Gondangwinangun sangatlah bersemangat sehingga posyandu balita tersa menyenangkan dengan berbagai nyanyian dan mainan yang disediakan untuk balita yang diperiksa. Nyanyian nyanyian edukasi yaitu meliputi cara cuci tangan, cara membereskan mainan, maupun nyanyian ajakan rutin mengikuti imunisasi seperti yang dilakukan di Dusun Pancas tanggal 16 Januari 2019. Kegiatan dilakukan pada sore hari agar partisipasi masyarakat dalam mengikuti kegiatan tinggi.