Mohon tunggu...
Muhammad Al Bushairi
Muhammad Al Bushairi Mohon Tunggu... Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 20107030015

Perkenalkan Nama Saya Muhammad Al Bushairi, saya berasal dari Kabupaten Balangan Kalimantan Selatan

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Kue Ipau: Jajanan Tradisional Hasil Perpaduan Cita Rasa Arab dan Banjar

5 Mei 2021   22:46 Diperbarui: 5 Mei 2021   22:50 130 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kue Ipau: Jajanan Tradisional Hasil Perpaduan Cita Rasa Arab dan Banjar
Kue Ipau (Sumber foto: kepo.co)

Keindahan alam Indonesia disebut-sebut sebagai surganya dunia baik di mata wisatawan lokal maupun mancanegara. Namun tidak hanya terkenal dengan alamnya, Indonesia juga terkenal  dengan jajanan tradisonal yang lezat dan beragam. Keberagaman di negeri ini mebuat negara kita mempunyai ragam kuliner yang banyak dengan cita rasa yang dapat memajakan lidah. Maka tak heran kelezatan kuliner nusantara bisa terkenal di kanca international.

Pada bulan Ramadhan yang penuh berkah ini menjadi ajang kemunculan jajanan kue tradisional yang beragam, sebagai takjil berbuka puasa. Kurang lengkap rasanya jika berbuka puasa belum menyantap jajanan kue tradisonal dari yang manis, asin, asam sampai yang pedas.

Di Kota Banjarmasin terdapat satu jajanan yang hanya tersedia di bulan Ramadhan yaitu kue ipau, kue ipau merupakan kudapan berbuka puasa khas Banjarmasin, cita rasanya berasal dari perpaduan antara masakan arab dan melayu. kue ini merupakan kue khas warga keturuanan arab yang masih tinggal di Banjarmasin.

kue lapis yang campurannya banyak menggunakan bahan santan ini selalu menjadi kudapan saat berbuka puasa karena kue ini hanya ada pada saat bulan ramadhan. sayuran yang ada di setiap lapisan kue ipau begitu enak bisa bikin kamu ketagihan.

Penjual kue ipau (Sumber foto: Banjarmasin Post-Tribunnews.com)
Penjual kue ipau (Sumber foto: Banjarmasin Post-Tribunnews.com)

Tampilannya yang menarik dapat membuat orang-orang yang melihatnya bisa meneteskan air liur, hehehe. Sehingga tak jarang orang yang mencicipi kue ini bisa langsung ketagiihan.

Kue ipau sendiri terdiri dari beberapa lapisan dan setiap lapisannya ditambahkan isian seperti osengan daging ayam/daging sapi, kentang, wortel dan sayuran lainnya.

Adapun toping yang digunakan seperti bawang merah goreng, seledri dan suwiran daging ayam atau daging sapi. Kue ipau sendiri terdiri dari dua jenis yaitu kue ipau kering dan ipau basah, yang membedakan hanya penggunaan siraman santan pada ipau basah.

Kue yang berbentuk bulat ini memilki cita rasa antara manis dan gurih. ditambah dengan siraman santan membuat tampilannya semakian mengundang selera makan dan kenikmatan kue ipau semakin lezat. Tekstur dari kue ipau cenderung kenyal.

Sayangnya dalam pembuatan kue ipau cukup lama, bisa menghabiskan waktu hingga lima jam karena dalam satu loyangnya terdiri beberapa lapisan, sementara itu memasak sayurnya bisa memakan waktu sekitar tiga jam. Cukup lama bukan?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x