Mohon tunggu...
Muhammad Al Bushairi
Muhammad Al Bushairi Mohon Tunggu... Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 20107030015

Perkenalkan Nama Saya Muhammad Al Bushairi, saya berasal dari Kabupaten Balangan Kalimantan Selatan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Iseng-Iseng Memelihara Ikan Cupang, Eh, Bisa Jadi Penghasilan!

21 April 2021   14:39 Diperbarui: 21 April 2021   15:02 61 2 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Iseng-Iseng Memelihara Ikan Cupang, Eh, Bisa Jadi Penghasilan!
Ikan cupang jenis blurim, Foto: Dokpri

"Awalnya hanya ikut-ikutan temen, kemarin kan sempat tren memelihara ikan cupang, jadi saya coba dan ga nyangka  ini menjadi penghasilan tambahan saya" ucap Hanafi (26), guru.

Sesibuk-sibuknya manusia pastinya memiliki aktivitas khusus untuk menyenangkan dirinya sendiri, diantaranya dengan hobi. Yups! dengan hobi kita dapat  melepaskan penat dan Lelah dari seharian beraktivitas, hingga dapat bersemangat lagi untuk bekerja maupun belajar.

Banyak kegiatan menarik yang menjadikan seseorang suka terhadap aktivitas tersebut. Diantaranya bermain futsal, baca buku, main game online, jalan jalan, makan-makan bahkan ngupil pun bisa dijadikan hobi. Hehehe

Jika sudah hobi apapun dilakukan, baik biaya maupun tenaga, selain menjadi media hiburan, hobi juga dapat menjadi sumber penghasilan. Lebih seru lagi hobi bisa dijadikan suatu pekerjaan.

Dari sekian banyaknya hobi, memelihara ikan cupang lah hobi yang di adaptasi oleh banyak orang dimasa pandemi covid-19. Seperti guru di salah satu sekolah negeri di Yogyakarta yang akrab dipanggil Hanafi, ia juga memiliki hobi memelihara ikan cupang baru-baru ini.

Pria berusia 26 tahun asal Barabai Kalimantan Selatan tersebut memulai memelihara ikan cupang atas diskusi ringan dengan teman-temannya. Tentang belajar bagaimana merawat ikan cupang dengan baik, seluk beluk ikan cupang, harga ikan cupang dll. Mengetahui peminat ikan cupang semakin meningkat membawanya lebih tekun untuk memeliharanya.

"Awalnya hanya iseng-iseng terpengaruh teman, kemudian memelihara ikan cupang dan posting foto ikan cupang di story WA, Eh ada yang nawar. hingga pada akhirnya  saya melihat pasar ikan cupang yang menjanjikan, saya juga ikut terjun berbisnis ikan cupang."ungkapnya.

Rupanya tren memilihara ikan cupang masih berlanjut apalagi disaat pandemi ini, yang kebanyakan aktivitas dilakukan dirumah masing-masing. Ternyata memlihara ikan cupang dapat menghilangkan stress Sehingga kamu akan merasa lebih tenang saat berada di rumah sambil memandangi akuarium yang penuh dengan warna warni Ikan Cupang. Dan direkomendasikan juga bagi kamu yang ingin mengerjakan tugas kuliah, lebih enak berada di depan akuarium.

Ikan cupang telah menjadi hewan yang sangat digemari untuk menjadi hewan pemliharaan, karena ramah di kantong serta perawatan yang cukup mudah. Tidak perlu menyiapkan budget yang mahal dengan uang belasan ribu pun sudah bisa memiliki ikan cupang yang indah dan cantik. Warna, sirip serta coraknya yang beragam menjadi daya tarik tersendiri dari pada ikan peliharaan lainnya.

Awalnya Hanafi memelihara ikan cupang hanya ikut -ikutan sampai bersambung menjadi hobi dan melihat pasar ikan cupang yang cukup menjanjikan hingga terjun ke bisnis ikan cupang. Inilah yang dimaksud hobi jadi penghasilan, sesuatu pekerjaan yang dikerjakan dengan penuh kesenangan dan keihklasan menjadi suatu  pekerjaan yang menyenangkan bukan lagi sebuah beban.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN