Mohon tunggu...
Muhammad Al Bushairi
Muhammad Al Bushairi Mohon Tunggu... Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 20107030015

Perkenalkan Nama Saya Muhammad Al Bushairi, saya berasal dari Kabupaten Balangan Kalimantan Selatan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama Pilihan

Ke Banjarmasin Belum Menikmati Kuliner Ini? Pasti Nyesel!

15 Maret 2021   20:27 Diperbarui: 15 Maret 2021   21:02 192 11 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ke Banjarmasin Belum Menikmati Kuliner Ini? Pasti Nyesel!
Sumber Foto : Hot-Liputan6.com

Selain terkenal dengan objek wisata alamnya, Kalimantan Selatan juga terkenal dengan kulinernya yang enak.

Berkunjung ke Kalimantan Selatan kurang lengkap rasanya jika belum mencicipi makanan khas Banjar, apalagi setelah seharian mengelilingi Kota Banjarmasin.

Kota yang akrab dengan sebutan kota seribu sungai menyimpan berbagai aneka kuliner yang dapat memanjakan lidah anda.

Keunikan yang dimilki makanan khas Kalimantan Selatan baik dari proses pembuatannya, bahan -bahanya, dan bumbu-bumbunya. menciptakan rasa enak dan unik yang tiada tandingannya.

Selama ini Kalimantan Selatan juga terkenal dengan kulinernya yang menjadi daya tarik wisatawan dalam daerah maupun luar daerah bahkan pelancong luar negri berkunjung kesana. Kuliner Kalsel juga tersohor dengan kelezatannya.

Bukan dibuat dengan mesin melainkan makanan Khas Kalimantan Selatan dibuat dengan tangan ahlinya. Karena resep yang digunakan secara turun temurun sehingga bagi yang memakannya akan menemukan cita rasa tempo dulu.

Berbicara tentang makanan khas Kalimantan Selatan, terdapat banyak ragam makanan khas. Oleh karena itu saya merangkum aneka kuliner khas Kalimantan Selatan.

  1. Soto banjar

Sumber Foto : Kompas.com / 1432545440
Sumber Foto : Kompas.com / 1432545440
Soto merupakan salah satu hidangan khas Indonesia dengan varian yang berdeda-beda di setiap daerah. Cita rasa yang dimiliki tentunya memliki ciri khas masing-masing. Tak terkecuali Kalimantan Selatan juga memilki soto banjar yang tekenal dengan rasanya yang terbilang istimewa. Dari sekian banyaknya kuliner di Kalimantan selatan, makanan satu ini yang paling terkenal.

Soto banjar merupakan perpaduan dari berbagai bahan seperti daging ayam kampung, telur, sayuran sop, bihun, perkedel dan ditumpahkan kuah kaldu rempah-rempah yang gurih serta ditaburi bawang goreng.

Uniknya kuah soto Banjar terdapat 2 varian yaitu: ada yang kuah encer dan bening, ada pula kuahnya yang kental dan warnanya agak keruh.

Masyarakat Banjar lebih suka menikmati soto Banjar tanpa nasi melainkan dengan lontong atau ketupat, hidangan ini lebih enak jika dimakan dalam keadaan hangat serta ditambahkan dengan sambal dan air perasan jeruk nipis sehingga cita rasanya lebih segar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x