Mohon tunggu...
Alif Al Hakim
Alif Al Hakim Mohon Tunggu... Civitas akademika Universitas Jember

Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Jember//191910501029

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Mengenal Eksternalitas, Dampak, dan Penanggulangannya

23 Maret 2020   18:32 Diperbarui: 23 Maret 2020   18:32 74 0 0 Mohon Tunggu...

Eksternalitas adalah suatu dampak yang timbul dari suatu kegiatan ekonomi atau pembangunan proyek yang akan memengaruhi suatu wilayah. Eksternalitas dibagi menjadi dua kategori yaitu eksternalitas positif dan juga eksternalitas negative. 

Eksternalitas positif adalah dampak yang membawa manfaat bagi wilayah sekitarnya. Sedangkan eksternalitas negative adalah dampak buruk yang memengaruhi wilayah sekitar yang dikarenakan kegiatan ekonomi dan pembangunan.

Eksternalitas negatif, yang merupakan dampak buruk bagi lingkungan sekitar pembangunan biasanya terjadi akibat kurangnya implementasi dari kebijakan yang dibuat dalam rangka pemeliharaan ekosistem. Hal ini akan menguntungkan pihak pelaksana kegiatan dan akan mengakibatkan efek buruk bagi pihak ketiga di wilayah sekitar kegiatan pembangunan.

Salah satu contoh aktivitas pembangunan yang menimbulkan eksternalitas negatif adalah pembangunan Gedung pencakar langit. Pembangunan Gedung pencakar langit akan mengakibatkan eksternalitas negative berupa penurunan permukaan tanah akibat ketidakmampuan lahan yang dipergunakan dalam menahan massa beban Gedung pencakar langit. 

Selain itu, pembangunan gedung pencakar langit akan mengakibatkan hilangnya daerah resapan air karena lahan menjadi terbangun untuk pembangunan gedung. 

Pembangunan akan berakibat buruk apabila dalam pembangunan tidak memperhatikan Amdal dan Andal. Apabila Amdal dan Andal bias dikaji dan dilaksanakan dengan baik, maka efek buruk dari pembangunan akan bisa diminalisir

Contoh lain yang dapat menimbulkan eksternalitas negatif adalah pembangunan gedung berbasis rumah kaca. Efek dari Gedung yang menerapkan konsep rumah kaca adalah timbulnya gas rumah kaca yang akan mempercepat global warming

Suhu permukaan bumi yang semakin meningkat menyebabkan pencairan es di kutub akan semakin cepat. Jika es di kutub mencair, permukaan air laut akan naik dan berpotensi menenggelamkan pulau-pulau kecil yang ketinggiannya memiliki selisih yang kecil dibandingkan permukaan air laut.

Tidak teruntuk pulau-pulau kecil saja, namun wilayah yang memiliki ketinggian di bawah permukaan laut seperti Jakarta juga akan terdampak langsung dan memiliki risiko untuk tenggelam dikarenakan kenaikan permukaan air laut.

Eksternalitas negatif juga dapat terjadi pada suatu aktivitas yang telah terjadi. Salah satu kegiatan yang dapat menimbulkan dampak eksternalitas negatif yaitu dari aktivitas pabrik. 

Aktivitas pabrik pengolahan ikan yangb berada di Muncar, Banyuwangi yang membuang limbah sisa langsung ke laut. Hal ini akan mengakibatkan pencemaran air dan juga polusi udara berupa bau menyengat yang berdampak langsung bagi wilayah di sekitarnya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x