Mohon tunggu...
Muhamad Zacki Abdurahman
Muhamad Zacki Abdurahman Mohon Tunggu... Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA

Mahasiswa Teknik informatika - Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Pengaruh handphone terhadap remaja, dampak positif dan negatif.

18 Januari 2021   14:33 Diperbarui: 18 Januari 2021   17:09 580 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pengaruh handphone terhadap remaja, dampak positif dan negatif.
639616690-1-600538178ede487009200517.jpg

Pendapat masyarakat terhadap dunia teknologi yang semakin lama semakin canggih dalam berkomunikasi  yang dahulunya memerlukan waktu sangat lama dalam menyampaikan pesan dan informasi, kini dengan adanya teknologi handphone atau gadget segalanya menjadi lebih mudah untuk memberi pesan dan informasi terhadap masyarakat dan pengguna hanphone lainnya karena pada handphone terdapat fitur - fitur dan aplikasi yang memudahkan kita untuk mendapatkan pesan, berita, cerita dan kabar. Teknolog komunikasi seperti handphone dapat dimanfaatkan untuk membantu kita dalam belajar online, mengerjakan tugas – tugas sekolah atau kuliah, sehingga memudahkan mahasiswa atau siswa apalgi dipandemi covid-19 saat ini.

Diera Globalisasi seperti saat ini, teknologi komunikasi handphone sangat amatlah berkembnag karena fitur – fitur atau aplikasi pada handphone sudah sangat canggih didalamnya membuat semua orang saat ini sangat tertarik memilikinya dari  kalangan orang tua sampai kalangan remaja bahkan saat ini anak- anak pun sangat tertarik untuk memilikinya. Teknologi hendphone ini mempunyai dampak terhadap moralitas remaja dari kebanyakan remaja menggunakan handphone membuat remaja bisa berkata kasar, tidak memperhatikan keadaan sekitarnya, berprilaku tidak baik, berpernampilan kurang baik dan terparahnya melawan orang tua.

Membahas tentang handphone atau gadget kita tidak bisa lepas dari namanya internet . Internet  ini sangat berperan dalam kehidupan dan kemajuan, teknologi saat ini sangat mendukung peran tersebut sehingga teknologi komunikasi dan internet dimanfaatkan pada berbagai bidang seperti tugas - tugas kuliah, belajar berbasis online, mendengarkan musik  dan menyelesaikan perkerjaan. Sepertinya remaja tampak belum bisa memilih aktivitas internet yang bermanfaat dan cenderung mudah dipengaruh oleh lingkungan sosial tanpa harus mempertimbangkan dahulu efek positif dan negatif yang akan didapatkannya saat ini melakukan aktivitas internet tertentu. Oleh karna itu, tidak heran lagi jika selama ini prilaku remja online selalu menjadikan sorotan utama untuk dikaji oleh pemerintah maupun lingkungan akademis.  

Penggunaan handphone atau  gadget diera “globalisasi” seperti sekarang ini sangat berpengaruh terhadap interkasi sosial pada remaja. Tidak dipungkiri lagi bahwa handphone sangat dibutuhkan dari kalangan remaja sampai orang tua., karena tidak jarang pekerjaan atau  tugas – tugas meraka yang mau tidak mau harus mengaakses internet dihandphone. Baik pengaruh dampak positif  dan negatif  pada handphone.

Bagaimana pengaruh dampak  positif dan negatif handphone terhadap remaja ?

Dampak positif pada handphone.

1.Memudahkan dalam berkomunnikasi walau berada di jarak jauh sekalipun, handphone  mempermudah dalam mencari informasi, mendapatkan pesan dengan cepat dan membantu untuk menyelesaikan tugas.

2.Menambah wawasan(pengetahuan) dari handphone ini kita bisa mendapatkan informasi dan pengetahuan, karena didalam handphone sendiri sudah dilengkapi fitur - fitur “Aplikasi” yang bisa menambah wawasan kita. Contohnya dari google, kita tinggal mengetik apa yang kita ingin cari dari situ sudah terkumpul informasi yang telah dikumpulkan.

3. Media pembelajaran, handphone atau gadget telah menjadi tempat pembelajaran, banyak siswa dan mahasiswa menggunkan handphone  untuk belajar, mencari sumber informasi dan menyelesaikan tugas - tugas.

Dampak negatif pada handphone.

1.Bahayanya radiasi pada handphone, radiasi yang dimiliki hanphone bisa memicu pertumbuhan abnormal, berdasarkan pengamatan yg sudah ada, tumor otak lebih sering di alami oleh orang yang saat tidur meletakan handphone di deket kepalanya. Maka mulai saat ini sabaiknya kita menghilangkan kebiasaan tidur didekat hanphone atau gadget pada saat tidur.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x