Tekno

Bermasalah dengan Sinyal 4G? Ini Caranya

12 Februari 2018   17:04 Diperbarui: 12 Februari 2018   17:23 212 0 0
Bermasalah dengan Sinyal 4G? Ini Caranya
Dok.pribadi


Kecanggihan smartphone dari tahun ke tahun sudah sangat cepat meningkat, bukan hanya di segmen memori dan kemampuan mengabadikan gambar saja, tapi kini hampir semua smartphone sudah dibekali otak yang sangat mumpuni semisal octa core atau bahkan quad core, ditambah wadah penyimpanan RAM yang tak tanggung-tangguh sudah diatas 1 GB, membuat si ponsel cerdas ini kian semakin cerdas dan semakin memanjakan pemiliknya.

Melirik jaringanya kebanyakan smartphone sudah tidak lagi menggunakan 3G pada pengaksesan jaringan sinyal, meratakan semua smartphone keluaran terbaru yakni 4G. hal itu dikuatkan dengan kartu perdana yang sangat antusia menyambut baik kemajuan jaringan sinyal tersebut plus bonus kuota melimpah bagi penikmatnya. Namun fakta di lapangan sungguh mencenangkan, belum semua kota di indonesia mendapat akses 4G yang baik, bahkan ada beberapa kota yang daerahnya masih belum tersentuh sinyal 4G, ini terjadi karena masih belum meratanya jaringan yang diterima di tempat-tempat tersebut, menjadi momok bagi pengguna ponsel cerdas pasti sudah sangaat mungkin, apalagi sinyalnya kadang hilang kadang tidak. Hal ini dikarenakan hampir semua pengguna ponsel cerdas sangat bergantung dengan akses ke dunia maya.

Tapi kini tidak perlu khawatir, rupanya diam-diam Play Store menyimpan beberapa aplikasi yang sangat berguna untuk membuat sinyal 4G stabil, bahkan kebanyakan dari penikmat game onlain sudah menggunakan aplikasi yang satu ini. Adalah MTK Engineering Mode Start, Aplikasi ini sengaja diperuntuhkan bagi penikmat akses dunia maya dan internet yang baik. Cara penggunaan yang mudah plus kapasitas memori yang sedikit bahkan tidak sampai puluhan menjadi nilai lebih untuk meliriknya. yang harus dilakukan agar bisa menikmati aplikasi ini yaitu;

1.Domwnload aplikasi di Play Store

Untuk memdownload aplikasi ini, cukup menulis nama aplikasinya saja, maka dengan sendirinya akan muncul ragam jenis MTK Engineerin mode start, yang perlu dipilih tentu yang sesuai dengan keinginan anda, atau bisa di cocokan dengan gambar di atas.

2.Instal aplikasi MTK Engineering mode start

Setelah proses pengunduhan selesai, maka dengan sendirinya akan langsung terinstal di smartphone, hal yang perlu diperhatikan, pastikan terlebih dahulu jika si ponsel cerdas memilik akses 4G.

3.Aktifasi pengaturan awal

Setelah mengaktifkan aplikasi tersebut, akan ada 3 pilihan menu utama, Androit settings, MTK settings dan samsung settings. jika smartphone yang digunakan bukan ponsel samsung, cukup memilih Androit settings, namun jika smartphone samsung, bisa langsung memilih samsung settings.

4.Aktifasi pengujian aplikasi

Setelah memilih androit settings, selanjutnya akan muncul benerapa pilihan kembali, ada informasi telepon, informasi baterai, statistik pengguna, dan wi-fi information. Untuk langsung memilih menikmati kestabilan sinyal 4G, cukup memilih informasi telepon.

5.Aktifkan mode LTE Only

Setelah memilih informasi telepon, akan banyak pengaturan yang muncul dan dengan tampilan yang cukup banyak serta berbeda dari yang sebelumnya. Untuk mempercepat proses penstabilan sinyal 4G, lihat bagian atas pada pilihan Matikan Radio, ada kalimat LTE/GSM/CDMA auto (PRL). Pilihlah kalimat tersebut, kemudian akan ada banyak pilihan untuk jenis jaringan, di menu ini, tidak akan ada pilihan 4G, tapi LTE Only, sebenarnya sama dengan 4G hanya penggunaan kalimatnya saja yang berbeda. Maka itu cukup pilih LTE Only saja. Setelah memilihnya, kembali ke menu sebelumnya sampai kembali ke menu awal, setelah itu akan terjadi perubahan jumlah sinyal 4G yang diterima smartphone, dan sampai sini selesai sudah. Ponsel cerdas anda akan sangat stabil dari yang sebelumnya.

Perlu diketahui, ketika menggunakan aplikasi ini, secara tidak langsung pengirim dan penerimaan pesan serta panggilan masuk dan panggilan keluar akan sangat terganggu, bahkan bisa saja tidak bisa menggunakan ke duanya, hal ini terjadi karena sinyal yang di gunakan sepenuhnya LTE Only. Jadi untuk mengaktifkan aplikasi ini, sebaiknya gunakan smartphone yang sudah menyisipkan 2 sim card, 1 sim card khusus untuk penerima telpon dan sms atau bisa kebutuhan normal anda yang tak perlu menggunakan aplikasi ini, dan 1 sim card adalah kartu yang nantinya anda gunakan untuk akses internet plus mengaitkan aplikasi ini.

(m/y)