Muhamad Yasin
Muhamad Yasin Lelaki pemburu es kelapa muda

keluarga dari Gerakan Suka Baca dan TBM Rumah Pelangi Bekasi. www.pojok-mata.xyz

Selanjutnya

Tutup

Tekno

SMK Binakarya Mandiri Adakan "Try Out" CBT

9 Februari 2018   14:16 Diperbarui: 9 Februari 2018   16:05 633 0 0
SMK Binakarya Mandiri Adakan "Try Out" CBT
img-20180209-wa0046-5a7d48515e13733533189ed2.jpg

Bekasi jumat (09/02). Kemajuan zaman sudah sangat cepat berkembang, di tahun 2018, sudah banyak teknologi yang begitu menjamur, apalagi ditambah peran internet yang semakin menunjukan keterkaitanya dengan manusia, hal itu bisa dilihat dari semakin menaiknya jumlah pengguna internet dari tahun ke tahun. Imbas dari kemajuan teknologi juga akhir-akhir ini sudah perlahan tapi pasti menyentuh dunia pendidikan, terbukti dengan adanya sistemCBT, apa ituCBT?. Sebelum terlalu jauh, sedikit melirik terlebih dahulu tentang penyelenggaraan ujian di indonesia.

Sistem penyelenggaraan ujian secara umum dibagi menjadi 2, yakni tes Konvensional dan Tes Modern. Tes Modern nantinya dibagi lagi menjadi linearCATdanCBT. Lalu apa bedanya tes konvensional dan tes modern ?.

1. Tes Konvensional:  tes yang di lakukan dengan menggunakan kertas dan pensil, dengan jumlah butir soal tertentu(fixed length), pengoreksian hasil pengerjaan dan pemberian nilai masih di lakukan secara manual oleh tenaga manusia, yakni guru sebagai tenaga pengajar pada masing-masing bidang pendidikan tertentu. Seluruh pelajar Indonesia tentunya sudah ujian seperti ini, bukan hanya untuk ujian nasional saja tryout pun ikut pula melakukan pengujian seperti ini.

2. Tes Modern: tes dengan menggunakan perangkat komputer(computer based test).

a. CAT: tes dengan menggunakan komputer, dalam pengujiannya, program sanggup memilihkan soal-soal dengan tingkat kesulitan yang sesuai dengan kemampuan pesertanya. Sistem tes CAT biasa dipake untuk simulasi tes CPNS.

  b. Linear CBT: tes dengan menggunakan komputer, dengan jumlah soal tertentu(fixed length), penilaian akan dilakukan secara otomatis oleh

komputer, bukan lagi menggunakan manusia dalam pengoreksiannya. Yang sekarang dunia pendidikan Indonesia canankan untuk hadapi UN dan

SBMPTN bahkan tryout pun nanti adalahLinear CBT.

Salah satu sekolah yang sudah terang-terangan melaksanakan tryout CBT adalah SMK Binakarya Mandiri. Pak Hasan selaku Wakasek kampus A membetulkan adanya kegiatan TryOutCBT di SMK Binakarya Mandiri. "iya, hari ini ada beberapa SMP dan MTS yang melaksanakan tryout di sini". tidak kurang dari 500 komputer sengaja di hadirkan untuk penyelenggaraan  CBTtersebut, hal itu di benarkan oleh Pak Rendra selaku bagian kurikulum SMK Binakarya Mandiri. "Jumlah PC  yang kami siapkan ada 120, di beberapa ruangan dengan panjang 20 meter, dengan total keseluruhan 500 PC , agenda kegiatan yang saat ini sedang berlangsung adalah TryOut CBT 5 SMP dan MTS".

Tidak hanya mempermudah proses pengoreksian,CBTjuga mempermudah siswa dalam pengerjaan soal-soal yang diujikan, mereka tidak lagi khawatir lembar jawaban rusak, atau sibuk membawa alat-alat yang biasa digunakan untuk mengerjakan soal ujian konvensianal. "jadi lebih mudah, pokoknya enak deh, nggak seperti ujian pake kertas". Pemaparan dari satu siswa  yang sudah selesai melaksanakan kegiatan tersebut. Kendati masih baru dan masih sebagian yang melaksanakan ujianCBT, Binakarya Mandiri selalu Menyambut baik segala bentuk Kemajuan Pendidikan,CBTsalah satunya.

img-20180209-wa0047-5a7d494fdcad5b696f734b97.jpg
img-20180209-wa0047-5a7d494fdcad5b696f734b97.jpg