Mohon tunggu...
Muhamad Surya Hakim
Muhamad Surya Hakim Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

~

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Upaya Meningkatkan Standar Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 di SD Negeri 014 Cigondewah, Bandung

1 Agustus 2021   22:08 Diperbarui: 1 Agustus 2021   22:15 84 3 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Upaya Meningkatkan Standar Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 di SD Negeri 014 Cigondewah, Bandung
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Masa Pandemi Covid-19 menyebabkan perubahan pada metode pendidikan di Indonesia yang awalnya proses belajar mengajar dilakukan secara tatap muka. Sekarang proses belajar mengajar dilakukan secara jarak jauh atau dikenal dengan istilah (PJJ). Hal ini juga membutuhkan jaringan internet, serta teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk menunjang pembelajaran jarak jauh ini.

Kegiatan belajar mengajar di masa Pandemi Covid-19 mengharuskan hampir setiap sekolah di Indonesia melakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Pandemi Covid-19 yang sedang terjadi saat ini, mewajibkan setiap orang untuk membatasi segala aktivitas interaksi secara langsung dalam semua aspek kehidupan tidak terkecuali aspek pendidikan dan menyebabkan proses pembelajaran tidak dapat berlangsung secara normal. 

Hal ini mengharuskan adanya metode baru yang inovatif dan interaktif untuk keberlangsungan kegiatan belajar mengajar disetiap sekolah agar walaupun disaat kondisi pandemi seperti ini peserta didik tetap dapat mengikuti proses pembelajaran dari tiap rumah masing-masing.

Apabila dilihat dari sisi positifnya, pembelajaran jarak jauh (PJJ) ini telah mulai merubah proses pendidikan di tanah air ke arah digitalisasi. 

Namun dilihat dari sisi lain, hal ini juga menimbulkan permasalahan. Dikarenakan masih banyak daerah di Indonesia yang mengalami kendala akses internet, ketiadaan gawai, kurangnya pemahaman tenaga pengajar untuk memanfaatkan kemajuan teknologi dan juga rendahnya tingkat ekonomi masyarakat yang mengakibatkan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) cukup sulit untuk dilakukan. 

Selain itu, proses belajar mengajar yang membutuhkan praktek secara langsung juga mengalami kendala karena pada masa pandemi seperti ini aktivitas interaksi secara langsung dibatasi untuk mencegah penyebaran virus Covid-19. Untuk mengatasi permasalahan diatas dibutuhkan inovasi khususnya oleh tenaga pendidik dan sekolah dalam proses pembelajaran yang serba terbatas ini dengan memanfaatkan teknologi yang menunjang proses kegiatan belajar mengajar.

Maka dari itu kami selaku mahasiswa KKN Tematik UPI ingin membantu meningkatkan standar kualitas pembelajaran daring dengan cara memberikan beberapa kegiatan bimbingan kepada guru berupa pelatihan dalam menggunakan media digital. Beberapa kegiatan pelatihan yang kami lakukan :

1. Google Form

Layanan dari Google yang memungkinkan untuk membuat survey, tanya jawab dengan fitur formulir online yang bisa disesuai dengan kebutuhan. Dengan demikian para tenaga pengajar bisa mendapatkan jawaban secara langsung dari peserta didik yang mengikuti survey tersebut.

Kegunaan Google Form

Fungsi utamanya adalah memberikan kemudahan bagi semua orang yang akan mengambil data dari responden secara online.

Fitur Google Form

  1. Google form Gratis
  2. Google form Kuesioner
  3. Google form untuk Ujian
  4. Google form absensi
  5. Google form vote
  6. Google form untuk Sertifikat

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan