Mohon tunggu...
Muhamad Saudi
Muhamad Saudi Mohon Tunggu... Wiraswasta - Penikmat kopi hitam

Penikmat kopi hitam

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Mengaji Selepas Maghrib vs Sekolah Seharian

24 Mei 2019   23:30 Diperbarui: 24 Mei 2019   23:32 46
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sebut saja Ustad 'Asyiqin. Ustadz muda jebolan pesantren Al qur'an di pedalaman kabupaten Pandeglang. Orangnya ramah, bacaan al qur'an nya fasih suaranya merdu  dan penyabar.

Di usianya yang sudah tidak muda lagi (43 tahun) dengan 2 anak yng masih kecil-kecil. Ya usia pernikahanya baru 5 tahun.  beliau masih saja bergelut dengan anak-anak.
Beliau adalah guru ngaji al qur'an sekaligus sahabat karib saya? Ustadz Asyiqin tidak membatasi pergaulan meski dengan anak yang baru belajar iqro. Tujuanya agar tidak ada rasa canggung apalagi takut ketika berhadapan langsung dengan beliau.

Lain halnya dengan ketika pengajian di mulai, ketegasanya dalam mengajar banyak murid yang dibuatnya menangis sampai tersedu-sedu. Kenapa bisa sampai seperti itu? Ketika murid salah membacakan ayat beliau tidak mau langsung memberitahu dimana letak kesalahan ayat yang kita baca, hanya suara "cek..."
Bolak balik sampai sepuluh kali balikan pun kalo kita belum nangis(artinya menyerah) beliau tidak akan memberitahu. Baru... setelah kita nangis beliau bilang... makanya sebelum kesini baca baca dulu di rumah.. sampai disini ulang lagi, kalo temen ngaji bandungin..(ikut menelaah bacaan).
Gak usah nangis.. karna gak bakal ketemu pake nangis.. malah nambah acak acakan makhrojnya. Nih... dengerin.
Sadisnya beliau cuma bacakan sekali dan kita harus bisa. Tapi rata rata semua murid cepat bisa.

Pernah suatu hari jumlah murid yang 15 orang(yang sudah besar-besar/rata rata SMP/SMA dan sudah sampai qur'an besar ngajinya) masing-masing disuruh membuat satu buah tusuk sate, dan harus bagus katanya. Dalam hati asyiiik.. kayaknya kita bakal makan enak, karna yang saya lihat ada seekor kambing disamping majlis. Kebiasaan kalo ada kambing biasanya buat dipakai selamatan.

Keesokan malamnya. Kambing semalem masih ada, apa belum dipotong ya, atau arwahnya yang gentayangan?
Lalu tusuk sate ini dikumpulkan dan yang diambil milik saya, karna katanya ukuranya lumayan gede dan masih basah bambunya. Makin bingung...


Pengajian dimulai saya yang pertama, di satu ayat saya salah.. barulah disitu ketahuan apa fungsi tusuk sate "pilihan" karya saya. Tusuk sate itu diberikan ke teman saya yang 14 orang, bergiliran memukulkan ke punggung tangan saya. Alhamdulillah... nangis lagi. Begitu seterusnya.. begitu juga dengan teman teman yang kegiliran mengaji sama seperti itu, menikmati "bagusnya" tusuk sate maha karya saya. hasilnya alhamdulillah  rata-rata angkatan saya bisa mengaji  dengan baik, karna memang perjuangannya itu hehe..


Lain halnya jika metode mengajar mengaji seperti itu diterapkan sekarang-sekarang. Bisa masuk bui Ustadz 'Asyiqin dan para ustad lainya dengan dalih penganiayaan.

Zaman wayahini (sekarang) dengan cara lemah lembut, diberi bonus diajarin bela diri, bahkan di iming-iming  diberi amalan pelet aja sudah jarang ada anak yang mau belajar mengaji apalagi dipukul.
Saya sering tanya ke anak-anak seusia saya ngaji dulu.

"sudah sampai juz berapa ngaji?"
"Boro-boro ngaji kak.. pulang sekolah jam 5 sore, belum makan mandi cape.. malemnya ngantuk, mana banyak PR sekolah. harus ke warnet pulang, Harus nyiapin lagi buat besok sekolah"
"Owh.."
"Iya Kak, lagi zaman Kakak sih enak, tengah hari udah pulang sekolah. Masih bisa bantu Bapak di sawah atau ke kebun, bisa ngasuh adik-adik, bisa nyari uang jajan. bukanya tega kak, sekarang aja  bapak saya disawah lagi nyangkul belum beres-beres. Kadang kalo lagi capek suka marah-marah sampe ibu juga kena marah karna ibu juga ngajar pulangnya sore"
"Lah.. kok saya yang di salahin?" Hihihi

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun