Mohon tunggu...
Muhamad Ridwan
Muhamad Ridwan Mohon Tunggu... Lainnya - Biasa-biasa Saja, Hanya sekedar Hobby

Menulis adalah jendela jiwa yang terbuka untuk dunia

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Fotografi Bisa Menjadi Hobi yang Menyenangkan dan Bermanfaat

16 Februari 2024   20:33 Diperbarui: 16 Februari 2024   20:49 91
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Koleksi Foto Muhamad Ridwan

Fotografi adalah seni dan ilmu yang mengabadikan gambar dengan cahaya. Fotografi juga bisa menjadi hobi yang menyenangkan dan bermanfaat bagi banyak orang. Ada banyak alasan mengapa orang tertarik dengan hobi ini, Contohnya seperti:

- Fotografi bisa mengekspresikan diri dan kreativitas. Dengan fotografi, kita bisa menangkap momen, suasana, emosi, dan pesan yang ingin disampaikan. Serta juga bisa bereksperimen dengan berbagai teknik, gaya, dan genre fotografi, seperti potret, lanskap, makro, street, dan lain-lain.

- Fotografi dapat meningkatkan pengetahuan dan wawasan. Dengan fotografi, kita bisa belajar banyak hal, seperti sejarah, budaya, alam, teknologi, dan seni. Selain itu juga bisa menjelajah tempat-tempat baru, bertemu orang-orang baru, dan mengalami hal-hal baru yang mungkin tidak pernah di lakukan sebelumnya.

- Fotografi bisa menjadi hobi yang menguntungkan. Dengan hobi tersebut, bisa mendapatkan penghasilan tambahan, baik dari menjual foto, menjadi fotografer profesional, atau berbagi ilmu dan pengalaman dengan orang lain. Kemudian juga bisa membangun portofolio, reputasi, dan jaringan yang bisa membuka peluang karir dan bisnis di bidang tersebut.

Untuk memulai hobi ini, tidak perlu memiliki peralatan yang mahal atau canggih. Yang terpenting harus memiliki kamera, baik itu kamera digital, kamera ponsel, atau kamera analog. Kamera adalah alat utama yang dapat digunakan untuk mengambil foto, akan tetapi yang lebih penting adalah mata, pikiran, dan hati kita sebagai fotografer.

Selain kamera, juga bisa memanfaatkan berbagai aksesori dan aplikasi yang dapat membantu dalam fotografi, seperti tripod, lensa, filter, flash, remote, tas, editor, dan lain-lain. Namun, tidak perlu membeli semuanya sekaligus. kita bisa memilih sesuai dengan kebutuhan, anggaran, dan preferensi.

Kemudian yang terakhir tidak kalah penting, adalah harus terus belajar dan berlatih untuk pengambilan Gambar. Kita bisa belajar dari berbagai sumber, seperti buku, majalah, kursus, workshop, video, blog, podcast, dan lain-lain. Kita juga bisa bergabung dengan komunitas fotografi, baik online maupun offline, untuk berbagi, diskusi, dan mendapatkan masukan dari sesama fotografer.

Fotografi itu merupakan hobi yang bisa memberikan banyak manfaat, baik secara pribadi maupun profesional. Dengan hobi ini, tentunya bisa menikmati keindahan dunia, mengabadikan kenangan, dan berbagi cerita dengan orang lain.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun