Mohon tunggu...
Muhamad rafki munawar
Muhamad rafki munawar Mohon Tunggu... Mahasiswa FISIP UHAMKA

Mimpi kan gak bayar,ucapin aja dulu kalo suatu saat semesta mendengar pasti akan kejadian.-

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Komunikasi Non-Verbal: Berbicara Tidak Melulu tentang Bersuara

25 Januari 2021   13:40 Diperbarui: 25 Januari 2021   13:54 66 2 0 Mohon Tunggu...

Komunikasi non-verbal sangat penting untuk komunikasi yang lengkap. Ketika dua orang berkomunikasi, gerakan, sentuhan, dan pandangan bisa menjadi sumber informasi yang sangat efektif. Komunikasi nonverbal adalah proses mengkomunikasikan informasi dengan menggunakan perilaku. Contohnya termasuk tatapan, gerak tubuh, ekspresi wajah, sentuhan dan penampilan. Anda pasti telah memberi seseorang semacam kode, dan Anda dapat pergi ke suatu tempat hanya dengan mengangguk atau melihatnya. Itulah contoh komunikasi nonverbal. Jenis komunikasi ini sering disebut bahasa tubuh.

Jenis-jenis komunikasi nonverbal

Inti dari komunikasi adalah menyampaikan informasi. Oleh karena itu, tidak hanya menggunakan kata-kata, tetapi juga melalui komunikasi non verbal yang dapat dibedakan menjadi beberapa jenis untuk mencapai tujuan tersebut. Ini penjelasan lebih lanjut untuk Anda.

1. Ekspresi wajah 

Ekspresi wajah adalah jenis komunikasi nonverbal yang paling umum. Padahal, tidak jarang kita mengetahui apa yang akan disampaikan orang lain hanya dengan melihat ekspresi wajahnya, bahkan sebelum menggunakan sebuah kata. Misal, hanya dengan senyuman atau wajah yang tidak bahagia dapat memberikan banyak informasi dari orang lain.

2. Tatapan mata

Tatapan memainkan peran penting dalam komunikasi nonverbal. Dilihat dari caranya melihat, menatap, dan bahkan berkedip, itu sebenarnya dapat mengirim informasi. Misalnya, saat Anda melihat orang yang Anda sukai, frekuensi berkedip meningkat, dan ukuran pupil bertambah. Pada saat yang sama, dari cara Anda memandang seseorang, Anda bisa mengetahui perasaan benci atau cinta. Selain itu, hal-hal seperti ketidakmampuan menjaga kontak mata bisa dilihat sebagai tanda bahwa seseorang sedang berbohong. Oleh karena itu, tatapan sebenarnya dapat memberi tahu seseorang banyak hal.

3. Gestur

Gestur atau gerakan tubuh adalah salah satu jenis komunikasi nonverbal yang paling mudah. Contoh komunikasi nonverbal menggunakan gerak tubuh antara lain menunjuk, melambai atau menampilkan angka-angka tertentu. Tentu saja hal-hal inilah yang sering kita lakukan saat berkomunikasi. 

Nyatanya, ini mungkin berguna ketika komunikasi verbal tidak memungkinkan. Misalnya, ketika kita tidak memahami bahasa yang digunakan pihak lain ketika kita pergi ke luar negeri, kita dapat menggunakan gestur untuk menyampaikannya, dan informasi tetap dapat tersampaikan dengan baik.

4. Sentuhan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN