Mohon tunggu...
Muhamad Ali
Muhamad Ali Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Mahasiswa, Blogger, Konten Kreator, dan Investor

Seorang mahasiswa Administrasi Pemerintahan yang selalu memperluas pengalaman dan pengetahuannya. Orang yang memiliki pengalaman di berbagai organisasi di kampus sebagai, sekretaris, administrasi, dan penggalangan dana. Juga dikenal sebagai mahasiswa aktif dan pekerja keras. Memiliki ketertarikan dalam dunia bisnis, investasi, konten kreator, blog, dan edukasi.

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

5 Kelezatan Kuliner Pulau Belitung: Petualangan Rasa yang Tak Terlupakan

30 Januari 2024   20:53 Diperbarui: 30 Januari 2024   21:09 86
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Seafood Gonggong (Foto: lensabelitungtrip.com dari Info Terkini)

Pulau Belitung, dengan pesonanya yang menawan, bukan hanya menjadi destinasi liburan yang memikat para wisatawan dengan pemandangan alamnya yang eksotis. Pulau ini juga dikenal sebagai surga kuliner, menyajikan hidangan-hidangan lokal yang kaya akan cita rasa dan tradisi. Berdasarkan dari paket tour Belitung, terdapat 5 makanan khas, oleh karena itu, kita akan menjelajahi lebih dalam beberapa kuliner khas Belitung yang wajib dicoba saat berkunjung ke pulau ini.

1. Mie Khas Belitung: Kelezatan Mi Bening dengan Sentuhan Lokal

Mie khas Belitung menjadi lambang kuliner yang tak terlupakan di pulau ini. Mie kuning yang lezat dihidangkan dengan kuah bening yang kaya rasa, udang segar, dan aneka sayuran. Uniknya, mie ini memadukan cita rasa tradisional dengan keunikan lokal. Rasanya yang enak dan teksturnya yang kenyal membuat mie Belitung menjadi hidangan yang sangat digemari tidak hanya oleh wisatawan, tetapi juga oleh penduduk setempat.

Mie Belitung biasanya diolah dengan menggunakan bahan-bahan lokal seperti tepung terigu, telur, dan bumbu-bumbu tradisional. Kuah bening yang kaya rasa merupakan hasil dari penyeduhan rempah-rempah pilihan yang memberikan sentuhan khas pulau ini. Hidangan ini sering dihidangkan dengan tambahan udang segar, irisan daging ayam, dan sayuran hijau, menciptakan paduan rasa yang sempurna.

Salah satu tempat terkenal untuk menikmati mie khas Belitung adalah warung-warung tradisional di kawasan kota seperti Tanjung Pandan atau Manggar. Rasakan kelezatan mi bening Belitung yang autentik dan nikmati suasana lokal yang ramah.

2. Otak-Otak Belitung: Keunikan Aroma dan Rasa dalam Satu Gigitan

Otak-Otak Belitung adalah hidangan ikan yang patut dicoba saat berkunjung ke pulau ini. Terbuat dari campuran ikan tenggiri, udang, dan tepung sagu yang kemudian dibumbui dengan rempah-rempah khas Belitung, hidangan ini diolah dengan cara dibungkus menggunakan daun pisang dan kemudian dipanggang. Hasilnya adalah gurihnya ikan tenggiri, kesegaran udang, dan tekstur lembut dari tepung sagu yang bersatu dalam satu gigitan.

Rasa enak Otak-Otak Belitung datang dari keunikan rempah-rempah yang digunakan dalam proses pembuatan. Bumbu yang terdiri dari serai, daun jeruk, cabai, dan kunyit memberikan aroma pedas yang kaya dan rasa yang memikat. Hidangan ini tidak hanya menggoda lidah, tetapi juga menciptakan pengalaman kuliner yang tak terlupakan.

Anda dapat menemukan Otak-Otak Belitung di berbagai warung makan atau pedagang kaki lima di sepanjang pantai atau pusat kota. Sambil menikmati hidangan ini, nikmati juga keindahan alam sekitarnya, terutama saat matahari terbenam yang memancarkan cahaya keemasan di Pulau Belitung.

3. Seafood Gong-Gong: Kelezatan Kerang Asin dan Manis dari Laut Belitung

Seafood Gong-Gong Belitung adalah pilihan sempurna bagi pecinta hidangan laut. Kerang ini memiliki rasa asin dan sedikit manis yang khas, menciptakan harmoni rasa yang unik. Gong-Gong sering dihidangkan sebagai hidangan pembuka atau pendamping menu makanan laut lainnya.

Proses memasak Gong-Gong melibatkan penggunaan bumbu pedas seperti cabai dan bawang, memberikan sentuhan lokal yang khas. Sensasi rasa asin dari kerang ini dipadukan dengan rasa manis yang lembut, menciptakan perpaduan rasa yang sempurna di lidah Anda. Seafood Gong-Gong Belitung juga dikenal sebagai salah satu cemilan populer yang sering dinikmati bersama teman-teman atau keluarga saat berkumpul di pantai.

4. Kerupuk Kemplang: Renyahnya Kenikmatan dari Dasar Laut

Kerupuk Kemplang adalah makanan ringan khas Belitung yang terbuat dari ikan tenggiri yang dicampur dengan tepung sagu. Proses pembuatannya melibatkan penggorengan adonan ikan hingga menghasilkan kerupuk yang renyah dan lezat. Kelezatan Kerupuk Kemplang tidak hanya datang dari rasa ikan tenggiri yang gurih, tetapi juga dari keunikan tekstur renyah yang membedakan kerupuk ini dari yang lain.

Makanan ringan ini sering dijadikan oleh-oleh khas Belitung yang populer di kalangan wisatawan. Anda dapat menemukan Kerupuk Kemplang di berbagai pasar tradisional, toko oleh-oleh, atau langsung dari produsen lokal. Jangan lewatkan kesempatan untuk membawa pulang sedikit kelezatan dari dasar laut Belitung.

5. Kepiting Isi Belitung: Kesempurnaan Gastronomi dari Laut

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun