Mohon tunggu...
Muhamad Parid Gunawan
Muhamad Parid Gunawan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Pendidikan seni rupa 2018

KKN TEMATIK UPI 2021

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

KKN Tematik UPI: Peran Gambar Ilustrasi dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa terhadap Buku

25 September 2021   10:46 Diperbarui: 26 September 2021   10:14 607
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Education Development Center (EDC) menyatakan bahwa Literasi lebih dari sekedar kemampuan baca tulis. Namun lebih dari itu, Literasi adalah kemampuan individu untuk menggunakan segenap potensi dan skill yang dimiliki dalam hidupnya. Dengan pemahaman bahwa literasi mencakup kemampuan membaca kata dan membaca dunia.

Dampak pandemic covid 19 tentu akan membawa banyak perubahan pada segala sektor, tak terkecuali pada dunia Pendidikan yang saat ini mengalami dampak langsung dari hal tersebut, jalan keluar yang mungkin bisa diambil ialah guru dan pelajar dipaksa harus beradaftasi pada keadaan yang memaksa semua aktivitas belajar mengajar dilakukan dengan pembelajaran daring, hal tersebut tentu tidak akan mudah dilakukan, terlebih pada siswa sekolah dasar yang mengharuskan adanya interaksi langsung dalam proses pertumbuhannya.

Mengingat dalam beberapa kasus belakangan ini begitu banyak siswa sekolah dasar yang masih belum bisa membaca, kemudian diperburuk dengan keadaan saat ini, hal tersebut tentu menjadi kekhawatiran kita Bersama, karena jika dibiarkan tentu hal tersebut akan berdampak besar pada rendahnya tingkat literasi anak di Indonesia, yang kita tahu bahwa merekalah harapan Indonesia dimasa depan yang sejahtera.

Ketidakpedulian akan aktivitas membaca merupakan akibat dari kondisi masyarakat yang pergerakannya melompat dari keadaan praliterer ke dalam masa pascaliterer, tanpa melalui masa literer. Kondisi ini diperburuk dengan semakin tidak pedulinya orang tua akan aktivitas membaca.. Pembinaan minat baca pada usia dini akan lebih efektif bila orang tua berperan serta secara aktif dalam mendorong, membimbing anaknya untuk gemar membaca.

Maka dari itu kegiatan KKN tematik upi gelombang 2 tahun 2021 ini, menjadi kesempatan bagi saya sebagai seorang mahasiswa pendidikan seni rupa, untuk ikut berkontribusi membantu meningkatkan budaya literasi ditempat yang saya tuju dalam menjalankan kegiatan kkn tematik upi 2021, yaitu di sekolah dasar negeri 010 cidadap, kota bandung, jawa barat.

Buku-buku bergambar dimaksudkan untuk mendorong ke arah apresiasi dan kecintaan terhadap buku. Selain ceritanya secara verbal harus menarik, buku harus mengandung gambar sehingga mempengaruhi minat siswa untuk membaca cerita. Oleh karena itu, gambar dalam cerita anak-anak harus hidup dan komunikatif.Gambar dalam cerita anak-anak harus sesuai dengan tema, latar, perwatakan dan plot dalam cerita. Begitu pula sebagai ilustrasi dalam buku cerita bergambar, berfungsi untuk mengilustrasikan pelaku, latar, dan kegiatan yang dipakai untuk membangun rangkaian cerita. Buku bergambar yang bagus dapat memberi anak kesenangan atau hiburan dan pengalaman tersendiri yang akan terus diingat.

Ada tiga manfaat buku bergambar, manfaat  pertama ialah membantu masukan bahasa kepada anak-anak, kedua ialah memberikan masukan visual bagi anak-anak, sehingga Ketika dia membaca akan langsung terbayangkan bagaimana kejadian sebenarnya di lapangan tanpa harus menerka nerka dan sekaligus pula membantu anak untuk mengembangkan imajinasi, kemudia untuk yang terakhir yaitu bertujuan untuk menstimulasi kemampuan visual dan verbal anak-anak terlebih yang masih duduk dibangku sekolah dasar.

hal ini bertujuan untuk meningkatkan minat membaca dengan buku cerita berilustrasi atau bergambar. Metode penelitian adalah eksperimen semu. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: Apakah pembelajaran menggunakan media gambar berilustrasi berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Bagaimana pengaruh pembelajaran menggunakan media gambar. Sasaran penelitian eksperimen ini ialah kelas III,. Tujuan penelitian adalah  untuk menambah minat membaca siswa dengan buku cerita bergambar atau berilustrasi. Untuk mengungkap pembelajaran menggunakan media gambar terhadap minat belajar Bahasa Indonesia dan Ilmu Pengetahuan lain yang relevan. Dari hasil penelitian didapat bahwa siswa dengan menggunakan media buku cerita ilustrasi akan lebih mudah memahami isi dari buku yang dibaca dan menjadikan imajinasi siswa semakin tumbuh karena visual yang ditampilkan dari masing masing buku cerita yang diberikan.

Dengan program yang telah dilaksanakan di SD Negeri 010 Cidadap , saya berharap akan ada kenaikan yang pesat untuk siswa dan siswi dalam  segi minat membaca, dan kemudian peran orang tua dalam menumbuhkan kesadaran anak  tentang pentingnya literasi sejak dini, terus dapat dilakukan guna mempersiapakan generasi yang siap berjuang menghadapi tantangan-tantangan dimasa yang akan datang.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun