Mohon tunggu...
Muhamad Iqbal Al Hilal
Muhamad Iqbal Al Hilal Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Sejarah Peradaban Islam UIN Bandung

menulis adalah hobi si penulis ini dari mulai politik, sastra dan sejarah adalah hobinya yang ia tuangkan dalam tulisan- tulisan.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Pangeran Philip, Pendamping Ratu Inggris yang Setia

11 April 2021   19:54 Diperbarui: 11 April 2021   20:13 237 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pangeran Philip, Pendamping Ratu Inggris yang Setia
Pangeran Philip, Ratu Elizabeth dan anak- anaknya (Sumber Foto: The Royal Family via Republika)

The Duke of Edinburgh atau Juga biasa disebut sebagai Pangeran Philip merupakan Suami dari Ratu Inggris Elizabeth II yang menikah pada tahun 1947, Philip merupakan bangsawan dari Yunani Ia merupakan anak dari Pangeran Andrew yang merupakan bangsawan Yunani - Denmark dan Putri Allice dari Battenberg. 

Philip lahir pada tanggal 9 Juni 1921 Ia harus rela meninggalkan karier militernya di Angkatan Laut Inggris padahal Ia sudah menjadi Letnan Termuda, Philip sebenarnya masih memiliki hubungan kekerabatan jauh dengan Elizabeth.

Philip juga turut andil dalam mengusir Nazi Jerman pimpinan Adolf Hitler dari Inggris Raya selama Perang Dunia II kelak sesaat setelah Ayah Mertuanya yang tak lain adalah Raja George VI yang mangkat pada tahun 1952, yang secara otomatis Elizabeth dinobatkan sebagai Ratu Inggris. Duke Of Edinburgh dianggap sebagai tokoh modernisasi Kerajaan terutama pasca Perang Dunia II

Philip bisa saja tidak menjadi pendamping Ratu jika paman Ratu yakni Raja Edward VIII yang secara mendadak turun takhta demi menikahi seorang Janda Asal Amerika Serikat bernama Wallis Simpson.

Dari pernikahannya dengan Ratu menghasilkan empat orang anak yaitu Pangeran Charles, Putri Anne, Pangeran Andrew dan Pangeran Edward. Ia juga menjadi pendamping Ratu paling lama dalam sejarah Monarki Konstitusional Inggris. Sebelumnya Pendamping Ratu terlama dipegang oleh Pangeran Albert Suami dari Ratu Victoria yang sekaligus Buyut dari Ratu Elizabeth II.

Philip bertemu dengan Ratu pertama kali saat Ratu Elizabeth Ibu Ratu Elizabeth II ( Ibu Suri Elizabeth) mengamanatkan agar Philip mendampingi Putri Elizabeth dan Putri Margareth. 

Philip dan Elizabeth menikah pada 20 November 1947 di Westminster Abbey. Philip pun harus rela gelar kebangsawanan Yunani dan Denmark yang Ia punya harus dilepaskan jika menikah dengan Elizabeth sebagai gantinya Philip diberi gelar Duke Of Edinburgh dan Philip pun mengganti marganya dengan nama Mounbatten. Walaupun sejatinya Kerajaan Yunani saat Philip kecil pun sudah mengalami kemunduran 

Ratu dalam pidato tahun 1997 menyebutkan bahwa Pangeran Philip merupakan sumber kekuatan baginya, Ia pun berkata bahwa Ia ( Ratu Elizabeth II) banyak berhutang Budi pada Suaminya, begitupun Rakyat Inggris dan Negara - negara Persemakmuran 

Di tengah banyaknya perceraian dan perselingkuhan di dalam keluarga Kerajaan justru Philip dan Elizabeth tetap mempertahankan ikatan pernikahannya bahkan selama 73 tahun. Seperti diketahui bersama Rumah tangga anaknya tak semulus rumah tangganya sendiri Pangeran Charles cerai dengan Lady Diana dan justru malah menikahi Mantan pacarnya yaitu Camilla Parker Bowles.

Philip dikabarkan juga pernah berbicara dengan mantan menantunya yaitu Lady Diana agar tetap mempertahankan rumah tangga dengan Pangeran Charles seperti tergambarkan juga pada serial The Crown besutan Netflix. Philip tetap menguatkan Ratu terutama setelah ditinggal meninggal oleh Raja George VI di tahun 1952, Lady Diana tahun 1997, Ibu Suri Elizabeth dan Putri Margareth berturut- turut tahun 2002 walaupun dirinya sendiri harus menerima kenyataan kedua orangtuanya meninggal mendahului Utamanya Sang Ibu Putri Allice yang menderita Skizofrenia.

Pangeran Philip sempat berkali- kali masuk Rumah sakit beberapa tahun belakangan mengingat Usianya yang hampir menyentuh Satu Abad, Pangeran sudah menyatakan mundur dari tugas Kerajaan sejak tahun 2017 akibat Usia yang sudah Senja Philip juga pernah menabrak Seseorang saat mengendarai mobil dan terakhir setelah dirawat di rumah sakit Raja Edward VII selama satu bulan Philip akhirnya keluar dari Rumah sakit dan tinggal di Kastil Windsor bersama Ratu hingga kematiannya pada hari Jumat 9 April 2021. Philip akan dimakamkan pada tanggal 17 April 2021 di Chappell Saint George kompleks pemakaman Kerajaan di Kastil Windsor.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x