Mohon tunggu...
Muhamad Hasby Muslih
Muhamad Hasby Muslih Mohon Tunggu... Mahasiswa Universitas Diponegoro

Mahasiswa Peternakan Universitas Diponegoro semester akhir

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Sosialisasi Mahasiswa Peternakan Undip Mengenai Cara Beternak Ayam dan Manfaat Protein Hewani

5 Agustus 2020   12:01 Diperbarui: 5 Agustus 2020   11:59 35 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sosialisasi Mahasiswa Peternakan Undip Mengenai Cara Beternak Ayam dan Manfaat Protein Hewani
Meminta perizinan Kepala Desa Cijujung

Kab. Bogor (1/8/2020), Universitas Diponegoro merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri favorit di Indonesia yang berletak di kota Semarang, Jawa Tengah. Universitas Diponegoro atau yang sering disebut dengan Undip mengambil kebijakan untuk tetap melaksanakan Kuliah Kerja Nyata atau KKN, namun kegiatan KKN dilakukan secara mandiri di tempat tinggal masing-masing mahasiswa dalam kurun waktu  5 Juli – 15 Agustus 2020 dengan tujuan untuk mencegah penularan virus corona. 

Salah satu dari sekian mahasiswa Undip di Kabupaten Bogor yaitu Hasby mahasiswa Fakultas Peternakan dan Pertanian Undip, Hasby mencoba membawakan pengetahuannya yang didapat selama menempa ilmu di Undip dengan tema peternakan. Tema yang diangkat oleh Hasby yaitu mengenai “Pentingnya Konsumsi Protein Hewani Selama Pandemi Untuk Meningkatkan Imun Tubuh” dan “Cara Beternak Ayam Petelur Secara Mandiri Untuk Pendapatan Tambahan”. Selaku warga dari Desa Cijujung, Kecamatan Sukaraja maka target Hasby yaitu warga sekitar untuk dilaksanakannya sosialisasi tersebut.

Penempelan Poster di Kantor Kepala Desa Cijujung
Penempelan Poster di Kantor Kepala Desa Cijujung

Kedua tema yang diangkat oleh Hasby dirangkum dalam poster yang telah ditempelkan di beberapa tempat fasilitas umum seperti Posyandu, Puskesmas, Poskamling bahkan Kantor Kepala Desa. Dalam poster untuk tema “Pentingnya Konsumsi Protein Hewani Selama Pandemic Untuk Meningkatkan Imun Tubuh” terkandung pengetahuan mengenai jenis-jenis produk peternakan yang mengandung protein hewani yang tinggi, kandungan apa saja yang terdapat di dalam produk peternakan, dan manfaat apa saja yang akan didapat jika mengonsumsi produk peternakan sumber protein hewani secara rutin. Sedangkan poster dengan tema “Cara Beternak Ayam Petelur Secara Mandiri Untuk Pendapatan Tambahan” di dalamnya berisikan materi tentang hal-hal pokok yang harus diperhatikan untuk memulai beternak ayam petelur, seperti pemilihan bibit ayam, pemilihan lokasi kandang, manajemen pakan dan pencahayaan serta menjaga kesehatan ayam.

Hasby ingin menarik perhatian dari warga sekitar dengan membuat desain dan warna poster yang menarik sehingga akan meningkatkan rasa penasaran dari warga yang melihat. Harapan Hasby yaitu warga sekitar semakin sadar bahwa konsmusi protein hewani sangatlah penting untuk mencegah terserang penyakit serta memberikan wawasan baru bahwa beternak ayam petelur tidak sesulit yang dibayangkan.

Oleh : Muhamad Hasby Muslih

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x