Mohon tunggu...
muhamad fitrah
muhamad fitrah Mohon Tunggu... Mahasiswa - MAHASISWA

Muhamad Fitrah B, Dari NTT Flores Timur, Mahasiswa universitas Muhammadiyah Malang.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Kegiatan Pembuatan Jamu Tradisional Beras Kencur oleh Mahasiswa UMM PMM Gelombang 07 Kelompok 25

1 Oktober 2022   16:41 Diperbarui: 1 Oktober 2022   16:46 224
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Program Pengabdian masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Bhaktiku Negeri Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Kelompok 25 Gelombang 07 dibawah bimbingan Dosen Pembimbing Lapang, yaitu Bapak Faris Rizal Andardi ST.,MT. Bertempatan di Desa Kejagan, Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto.

Jamu merupakan ramuan bahan-bahan alam yang berasal dari tumbuhan, hewan, mineral, sedian galenik,atau campuran bahan-bahan tersebut yang secara tradisional telah digunakan untuk pengobatan berdasarkan pengalaman. Jamu mengandung komponen yang sangat dibutuhkan untuk meningkatkan imunitas tubuh. 

Pelaksanaan kegiatan pembuatan jamu beras kencur yang dilakukan di salah satu rumah warga yaitu nenek pon, dibantu oleh beliau untuk pembuatan jamu beras kencur. Beliau biasa membuat jamu beras kencur untuk dikomsumsi sendiri, karena beliau membuat jamu tersebut sebagai obat tradisional untuk Kesehatan atau menjaga imun tubuh. dan untuk hari kedua dilakukan di salah satu rumah anggota kelompok kami, pada hari Selasa,06 September 2022 dan Jumat,09 September 2022.  

Kondisi saat ini kebutuhan masyarakat akan vitamin ataupun obat itu sangat penting untuk menjaga imun tubuh agar bisa terhindar dari penyakit berbahaya. Salah satu caranya dengan meminum-minuman herbal yang sudah terkenal dengan khasiatnya. Selain untuk khasiatnya rasanya yang manis dan seger, jamu beras kencur ini juga mempunyai banyak khasiat dan manfaat bagi tubuh kita. Kami mengadakan Program Kerja pembuatan Jamu Beras Kencur di Desa Kejagan.

Alat dan bahan yang digunakan untuk membuat sering dijumpai dan untuk harganya sendiri cukup terjangkau. Alat-alat yang digunakan seperti: pisau, parutan, cobek, saringan, panci, kompor dan pengaduk. Sedangkan untuk bahan-bahan yang diperlukan adalah: Kencur, Jahe, Beras, Gula, Garam, Asam Jawa, Jeruk Nipis dan Air secukupnya. Untuk cara pembuatan Jamu: Rendam Beras dalam air panas minimal 1 jam. Tiriskan. Rebus Air, Kencur, Jahe, Gula aren, Gula pasir, Garam hingga mendidih dan gula larut. Angkat. Lalu diamkan hingga dingin suhu ruang. Blender Beras sangrai dengan Kencur, Jahe, dan secukupnya air rebusan kencur hingga halus. Kemudian tuang hasil blenderan tadi ke dalam sisa air rebusan kencur, aduk rata. Lalu saring.

Manfaat dari jamu beras kencur ini sangat banyak sekali yaitu dapat menjaga imun tubuh, selain itu juga dapat menambah nafsu makan. Jamu ini juga dapat dikomsumsi setiap hari dan tidak menimbulkan efek samping.

Program Pengabdian masyarakat oleh mahasiswa (PMM) yang berasal dari Universitas Muhammadiyah Malang yang di laksanakan pada tanggal 22 Agustus sampai dengan tanggal 22 September mengadakan kegiatan pembuatan jamu beras kencur ini berharap dapat membantu dalam warga Desa Kejagan menjaga kesehatan dan imun tubuh. Kami membagikannya kepada masyarakat sekitar Desa Kejagan terutama dibagikan kepada Lansia dan Orang tua. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun