Mohon tunggu...
Muhamad Rifai
Muhamad Rifai Mohon Tunggu... Engineer, Penulis lepas, suka jalan - jalan

Lelaki Pejalan

Selanjutnya

Tutup

Kisahuntukramadan

Harga Bahan Pokok Selama Ramadan Masih Normal

29 April 2020   21:20 Diperbarui: 29 April 2020   21:21 13 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Harga Bahan Pokok Selama Ramadan Masih Normal
Dokumen Muhamad Rifai

Hampir dua sampai tiga hari sekali saya belanja bahan makanan untuk kebutuhan makanan sehari - hari, di pasar kerabut atau pasar higienis mejadi pilihan tempat saya berbelanja. Saya dan keluarga yang bermukim di sebuah pulau bangka, tempatnya di selindung pangkalpinang tentu memiliki tradisi dan selera yang berbeda dengan kebiasaan atau lidah orang jawa. 

Sudah hampir berjalan enam tahun yang saya rasakan selera masakan masyarakat bangka tidak jauh dari hasil nelayan, yaitu olahan ikan, kerang, cumi dan udang. Apalagi olahan tepung yang beragam menunya, ada mpek - mpek, otak - otak, baso ikan, mie kuah ikan, tekwan terasa nagih dilidah.

Dan ketika malas untuk membuat masakan karena kondisi dan situasi tertentu lebih enak memang sekali - kali membeli masakan jadi seperti tekwan atau lempah kuning ( makanan khas bangka olahan ikan berkuah terasa pedas dengan isi ikan dan buah nanas).  Sudah tentu jangan lupa pakai nasi, orang jawa bilang " makan gak pakai nasi yo urung makan cuy". 

Yup,. Nasi, ingat nasi pasti ingat harga beras. Alhamdulillah harga beras dipulau bangka untuk satu karung kecil dengan berat 5 kg, salah satu merek yang saya konsumsi harganya masih normal sekitar Rp 68.000,- 

Adapun daftar harga kebutuhan pokok dari hasil nelayan yang kami konsumsi selama beberapa hari dan stok kulkas kami;

Kerang 1 Kg : Rp. 18000,-

Cumi 1 Kg : Rp 60.000,-

Udang 1 Kg : Rp 45.000,-

Ikan Ciu 1 Kg : Rp 20.000,-

Untuk harga telur, pemilik warung di Bangka dalam memberikan harga memang berbeda dengan harga di jakarta atau pulau jawa( yang saya ketahui), kalau di jakarta atau jawa itu beli telur bisa 1 Kg atau 2 Kg dengan harga satuan kilo, kalau di bangka mau seberapa banyak telur yang kalian ambil akan dinilai dengan harga satuan dengan nilai satu telur harganya Rp 1500,- . Sedangkan untuk harga telur asin masak dengan isi tiga masih dengan harga Rp. 12.500,-

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN