Mohon tunggu...
Muhamad Rifai
Muhamad Rifai Mohon Tunggu... Engineer, Penulis lepas, suka jalan - jalan

Lelaki Pejalan

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup

Menjadi Produktif di Rumah

3 April 2020   14:50 Diperbarui: 3 April 2020   14:56 10 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menjadi Produktif di Rumah
Sumber Foto ShutterStock.com

Bagaimanapun kondisi kita saat ini, tetap dan wajib produktif. Bagi yang bekerja dirumah, tetap jaga komunikasi dengan rekan dikantor. Menyusun daftar rencana kegiatan yang harus diselesaikan, melakukan meeting via aplikasi dan jangan lupa metode absensi kantor serta daily aktifity tercatat dengan baik dan benar. Virus corona ini memang menghentikan semua aktitias, aktifitas bisnis, ekonomi dan dunia kerja sampai dengan aktofotas pendidikan di negara kita. Berikut tips menjadi produktif di rumah;

1. Pastikan perencanaan keuangan 

Bagi yang mendapat gaji bulanan tentu sudah bisa menyusun pos keuangan bulanan yang tepat. penghematan yang harus dibuat dan porsi kebutuhan untuk sehari - hari yang tersusun dengan baik.

2. Listrik dan Jaringan internet 

Bagi kamu para pekerja kantoran wajib menyusun porsi kebutuhan listrik dan jaringan internet terpasang dengan baik dan listrik bisa nyala terang tanpa habis pulsa atau listrik padam. Listrik dan Jaringan internet sudah menjadi kebutuhan utama dalam melakukan aktifitas sehari - hari.

3. Salurkan Hobi

Bagi kalian yang menyukai hobis seperti menanam bunga atau berkebun ayok mulai dari sekarang. Manfaatkan waktu senggang untuk menyalurkan hobbi. Menjahit, menulis, berkebun, berternak dan segalamancamnya. Ketika memang berhasil kalian bisa jual via aplikasi online.  Kan lumayan, bisa buat nambah - nambah uang jajan.

4. Bermain Kreatif

Teras rumah atau peralatan yang sudah tidak terpakai bisa menjadi wahana baru untuk bermain dengan anak - anak, mencipttakan kegembiraan setiap hari harus menjadi target harian bagi orangtua.

5. Rumah menjadi ruang pendidikan

Seberapa repot melakukan kegiatan kator, hobi dan rutinitas harian. Jangan lupa!. jadikan rumah menjadi ruang pendidikan bagi anak - anak istri / suami. Buku, bercerita, mendongeng dan beragam panduan via online youtube atau blogger harus menghiasi ruang pendidikan rumah kita. Biar gak jenuh dan membosankan dirumah.

Semoga bermanfaat 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x