Politik

Insujensi

20 April 2019   15:17 Diperbarui: 20 April 2019   15:19 31 0 0

Insujensi adalah dimana suatu keaadaan merasa tidak sesuai dengan kehendak mayoritas, yang minimbulkan perpecahan antara masyarakat dan pemerintah, atau yang sering kita sebut dengan pemberontakan . biasanya Insujensi ini terjadi karna adanya rasa yang antara masyarakat yang tidak sesuai dengan kehidupannya, oleh karna itu para masyarakat untuk menuntuk atau meminta rasa keadilan untuk diri mereka melakukan pemberontakan.

Kebijakan-kebijakan yang di keluarkan pemerintah terhadap masyarakat dan tidak sesuai dengan keaadan masyarakat, sehingga masyarakat merasa tidak sesuai dengan kebijakan pemerintah tersebut masyarakat akan berinisiatif untuk mengumpulkan masa yang memiliki kesaamaan nasib untuk meminta hak-hak mereka. dan biasanya INSUJENSI merupakanpemberontakan koersif dimana, dimana akhir dari penyelesaian masalah yang di lakukan dengan penggulingan pemerintahan , pergantiaan pemimpin, karna sudah tidak puas dengan kinerja pemimpin yang sudah di percayai. 

Pemberontakan dapat timbul dalam berbagai bentuk, mulai dari pembangkangan sipil (civil disobedience) hingga kekerasan terorganisir yang berupaya meruntuhkan otoritas yang ada. Istilah ini sering pula digunakan untuk merujuk pada perlawanan bersenjata terhadap pemerintah yang berkuasa, tapi dapat pula merujuk pada gerakan perlawanan tanpa kekerasan. Orang-orang yang terlibat dalam suatu pemberontakan disebut sebagai "pemberontak". 

tetapi banyak juga pemberontakan pemberontakan ini yang lahir dari kesalahan yang di timbulkan tetapi kesalahan yang selalu di cari cari oleh oknum tertentu, untuk modus politik, dimana bayak sekali masyarakat yang di ajak untuk melalukan pemberontakan kepada pemerintah, tetapi orang yang melakukan pemberontkan tersebut tidak mengetahui apa yang sedang di tuntut, dan mereka mengikuti hal tersebut hanya untuk mendapatkan imblan yang sudah di janjikan oleh penyelenggara. ini adalah salah satu contoh insujensi yang salah.

karna hakikatnya, insujensi ini lahir dari keresahan yang sudah dirasakan oleh masyarakat, keadailan yang tidak merata melakukan pemberontakan dengan arah dan tujuan yang jelas dan dilakukan secara bersama. oleh karna itu pemberontakan yang dilakukan dengan arah yang jelas akan melahirkan hasil yang baik. karna apa yang dilakukan adalah hal yang berkaitan dengan kepentingan bersama, bukan kepentingan pribadi maupun kepentingan oknum tertentu. 

di indonesia sendiri telah terjadi Insujensi yang hadir karna keresahan masyarakat indonesia waktu itu yang berhasil menghasilkan perubahan besar.

1. pemberontakan mahasiswa mei 1998

ini adalah pemberontakan secara besar besaran oleh masyarakat indonesia oleh pemerintah, dimana mereka melakukan aksi dengan masa yang luar biasa banyaknya, dan isu yang diangkat mewakili seluruh perasaan masyarakat, aksi pemberontakan untuk menjatuh rezim suharto saat itu tidak semudah yang di bayangkan, banyak sekali perjuangan-perjuangan untuk menjatuhkan rezim otoriter agar berubah menjadi pemerintahan yang demokrasi, karna banyak sekali masalah masalah yang terjadi saat itu, seperti krisis moneter, sehingga para masyarakat indonesia terpanggil dan memiliki kesamaan sehingga mereka bersukarela untuk membangun negri yang lebih baik, dengan cara melakukan pemberontakan kepada rezim soeharto, sehingga tanggal 21 mei 1998 , rezim soeharto berhasil tumbang akibat dari pemberontakan yang dilakukan masyarakat indonesia. yang semua masyarakat indonesia merasakan perubahan untuk negara indonesia ini. 

bukan hanya terjadi di indonesia negara-negara lain juga pernah mendapatkan pemberontak oleh masyarakatnya seperti :

1. iraq

2. venezuela

3. timur leste