Mohon tunggu...
Muhamad Adriyansyah
Muhamad Adriyansyah Mohon Tunggu... Mahasiswa - UNIVERSITAS PAMULANG

SUKSES ADALAH SEBUAH USAHA YANG DI LAKUKAN DENGAN SUNGGUH - SUNGGUH

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Peran Usaha Kerajinan Bambu terhadap Perekonomian Masyarakat di Kota Brebes

2 Desember 2022   09:30 Diperbarui: 2 Desember 2022   09:42 105
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Tanaman Bambu (Bambusa) telah lama dikenal oleh masyarakat indonesia terutama bagi masyarakat yang tinggal dipedesaan, karena tanaman bambu merupakan bagian yang tak terpisahlkan dengan berbagai kegiatan se-hari-hari masyarakat. 

Pemanfaatan bambu oleh masyarakat pedesaan dapat digunakan sebagai bahan baku pembutaan berbagai perkakas rumah tangga baik untuk keperluan peralatan dapur maupun perlengakan asesoris dan mebelair. Serta bambu dapat pula digunakan sebagai bahan pembuatan aneka keperluan pertanain, bahan bangunan , kerajinan, makanan dll. 

Pemanfaatan bambu semakin meningkat sejalan dengan perkembagan zaman dan teknologi , hal ini dapat dilihat dari penggunaan bambu sebagai bahan industri kertas, tektil, sumpit (chopstick), plybamboo dan bambu lamina serta kebutuhan rebung bambu kalengan untuk konsumsi, sehingga mendorong meningkatnya penggunaan dan nilai jual bambu Disi lain kebutuhan kayu semakin meningkat sejalan dengan meningkatnya jumlah penduduk dan kegiatan pembangunan. 

Hal ini akan berpengaruh terhadap meningkatnya permintaan kayu, yang tidak seimbang dengan kemampuan produksi hasil hutan, oleh karena itu bambu dapat dijadikan alternaif pemenuhan kebutuhan akan kayu. Dengan demikian bambu merupakan jenis tanaman yang penting untuk dikembangkan terutama di kota Brebes karena banyak sekali dari masyarakat Brebes yang sangat terbantu oleh tumbuhan satu ini dari krisis pengangguran yang banyak. Adanya pabrik - pabrik dan rumah-rumah kerajinan yang terbuat dari bambu sangat mengurangi angkat pengangguran di kota Brebes.

Oleh : Muhamad Adriyansyah

Mahasiswa Pendidikan Ekonomi

Universitas Pamulang

Daftar Pustaka:

https://id.m.wikipedia.org/wiki/ekonomi_kreatif

https://www.damarojat.com/2014/07/yang-indah-tersentuh-tangan-terampil.html

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun