Mohon tunggu...
Muhamad iqbal
Muhamad iqbal Mohon Tunggu... Mahasiswa

Salam Sukses

Selanjutnya

Tutup

E-Sport

Perkembangan Dunia E-Sport di Indonesia

23 Februari 2021   20:18 Diperbarui: 23 Februari 2021   20:59 55 0 0 Mohon Tunggu...

Pada awalnya e-sport muncul ke Indonesia pada tahun 1999 dan banyak menyelenggarakan kompetisi game online di Indonesia. Di Indonesia sendiri e-sport sangat digemari dan disukai oleh kaum remaja dan anak-anak yang menyukai game online, tetapi di tahun tersebut kompetisi belum banyak yang mengetahui, penyebaran info mengenai kompetisi game online ini masih sangat minim, belum banyak yang berpatisipasi di dunia e-sport, walaupun banyak bibit unggul yang bisa mengharumkan nama bangsa kita di bidang e-sport ini.

Di Indonesia game online mempunyai banyak pengguna dan peminat, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Terdapat komunitas e-sport yang dibuat untuk mengumpulkan para pecinta game yang ingin berkontribusi untuk mengikuti kompetisi, mulai dari komunitas skala nasional hingga komunitas skala daerah yang sering membesarkan dan membawa bibit unggul untuk terjun langsung ke dunia e-sport.

Di tahun-tahun lalu e-sport belum dapat berkembang secara maksimal, belum banyak yang mengetahui kompetisi e-sport ini, yang mengetahui dominan hanya orang-orang yang berada di komunitas e-sport tersebut. Banyak dari kita yang bermain game online hanya sekedar hiburan semata, bermain sama teman-teman di warung internet, tanpa tau bahwa game online yang kita mainkan dapat menghasilkan suatu prestasi dan dapat dikatakan sebagai atlet dalam cabang game, 

tidak hanya itu berkompetisi di dunia e-sport ini banyak mendapatkan keuntungan, mulai dari hadiah yang nominalnya sangat besar, dan kontrak pemain yang di gaji dengan nominal sangat besar, maka dari itu sekarang banyak orang bermain game yang dijadikan sebagai suatu pekerjaan, karena jika dibandingkan gaji karyawan tetap di suatu perusahaan dengan gaji bermain game bisa dengan live streaming, membuat konten gaming di YouTube, atau juga menjadi pro player di kompetisi e-sport itu sama, atau bisa jadi lebih besar keuntungan menjadi pekerja di dunia game atau bisa disebut dengan gamers.

Pada era di tahun 2010 keatas perkembangan dunia e-sport sangat pesat, banyak game-game yang diperbarui, dan game-game baru yang jauh lebih eksis di bandingkan game-game jadul pada saat itu. Di samping itu perkembangan sosial media pun bersamaan dengan perkembangan dunia e-sport yang membuat dunia e-sport sangat di di lirik oleh banyak orang di dunia tidak hanya di Indonesia. Sekarang kita dapat mengetahui banyak kompetisi yang diadakan dari skala internasional maupun skala nasional, peminatnya pun bertambah, banyak yang ingin berkontribusi di dunia e-sport ini yang membuat dunia e-sport semakin banyak peminatnya dan akan terus berkembang walaupun sedikit demi sedikit.

Di era tahun 2010 ini pun banyak yang menilai jelek tentang kompetisi dunia e-sport, di Indonesia contohnya dari hal kecil, orang tua yang tidak pernah tau kalau bermain game dapat menghasilkan sesuatu yang luar biasa, banyak anak-anak yang dilarang bermain game, hanya difokuskan untuk bersekolah lulus menjadi sarjana dan kerja sesuai dengan apa yang di katakan oleh orang tuanya. Ada pro kontra dari hal ini, mungkin untuk anak-anak yang bermain game membuatnya tidak tau waktu, dan membuat dia menjadi keras kepala, mudah melawan dan membangkang pada orang tua. 

Anak seperti itu mungkin sah saja untuk dilarang bermain game, karena dengan anak itu bermain game hanya membuatnya menjadi kasar dan tidak mempunyai moral yang baik. Tidak untuk anak yang mengembangkan dirinya di dunia e-sport ini, dengan tekadnya yang kuat dan sikap dia yang dapat di kontrol membuat sikap orang tua pun kagum dengan segala usaha dia untuk menjadikan game ini sebagai suatu prestasi yang sangat baik, tanpa harus membangkang dan kasar kepada kedua orang tuanya. 

Mungkin untuk hal ini harus ada pertimbangan dan butuh info yang jelas untuk dapat disampaikan kepada kedua orang tua, harus sama-sama mengerti jalan yang terbaik untuk anaknya dan harus sesuai sama kemauan anaknya, dengan hal ini orang tua dan anak bisa saling mengerti dan mempunyai hasil yang baik untuk memutuskan sesuatu untuk terjun ke dunia e-sport, kedua orang tuanya pun mendukung dan anaknya juga semangat untuk meraih segalanya di dunia e-sport ini. 

Jika kita berada diposisi orang tua dimana orang tua sebagian tidak bisa beradaptasi dengan perkembangan teknologi khususnya dalam bidang game, dan mungkin orang tua mengetahui game hanyalah sebagai hiburan semata, ditambah orang tua banyak yang realistis untuk mengembangkan karir anaknya dengan menjadi insinyur, sarjana, arsitek, dan dokter. Membuat kita berfikir memang sulit membuat orang tua yakin terhadap bidang ini yang dapat menjadikan anaknya sukses dengan yang diharapkan orang tuanya. Butuh usaha yang keras untuk bisa meyakinkan orang tua, dan butuh bukti nyata untuk di perlihatkan kepada kedua orang tua bahwa bermain game bisa menghasilkan sesuatu yang sangat luar biasa.

Pada tahun-tahun ini dunia e-sport sudah sangat berbenah menjadi industri yang sangat besar, perkembangan yang sangat signifikan di Indonesia ini membuat peminat orang-orang untuk terjun di kompetisi e-sport ini sangat banyak. Sudah banyak yang membuat team e-sport di Indonesia ini yang sangat populer di tanah air maupun di luar negeri. Prestasi yang di raih oleh team asal Indonesia pun sudah banyak peraihannya, oleh karena itu team Indonesia sudah siap untuk bersaing di dunia e-sport internasional. 

Perkembangan e-sport ini didukung sosial media yang selalu memberikan info dan menjadikan sarana untuk menunjukan kalau e-sport ini industri yang sangat besar dan mempunyai benefit yang besar untuk siapapun yang ingin berkontribusi di industri ini. Sudah banyak orang-orang hebat yang sukses di dunia e-sport, dan karena sosial media juga orang-orang tersebut dapat dikenal dan tersohor di berbagai belahan dunia terutama Indonesia. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN