Mohon tunggu...
muhamad nur rizky
muhamad nur rizky Mohon Tunggu... Akuntan - Mahasiswa di Tangerang

saya suka uang tapi uang suka habis

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Minuman Tradisional dari Bima

28 Juni 2022   10:19 Diperbarui: 28 Juni 2022   10:29 31 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Di tengah kondisi covid-19, ada beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan system kekebalan tubuh. Salah satunya adalah meminum minasarua. Bagi masyarakat bima, minuman ini sudah tidak asing lagi. Minasarua merupakan minuman khas yang pusat produksi berada di Kabupaten Bima, Kecamatan Bolo khususnya di desa Bontokape dan desa Sondosia.

Minasarua adalah warisan dengan resep turun-temurun. Konon minuman ini sudah ada dari ratusan tahun yang lalu. Minasarua terbuat dari : Beras, Beras Ketan, Ragi, Kelapa, Jahe, Merica, Cabai Jawa atau Sabia dalam bahasa Bima, Kunyit Gula Merah, dan Air. Khasiat dari minuman tradisional yang berasal dari Bima ini antara lain meningkatkan kekebalan tubuh, mengurangi rasa pegal, mengobati masuk angin, mengobati penyakit maag, menambah stamina, dan menghangatkan badan. Bagi anda yang kedinginan, minasarua ini adalah minuman penghangat yang wajib anda minum. 

Proses membuatnya sungguh tidak mudah, perlu waktu sampai dua hari lamanya proses terjadi karena beras dan beras ketan yang harus difermentasi menggunakan ragi. Setelah didiamkan semalaman akan menjadi tape ketan yang siap olah bersama bumbu lainnya. 

Cara Menghidangkannya kita bisa meminum langsung atau dapat juga dengan cara mengucurinya di atas potongan Buras (Makanan khas Bugis). Minuman Minasarua ini sangat nikmat dinikmati saat malam. Juga ketika hujan turun. Rasa hangatnya akan langsung menyebar ke seluruh tubuh. 

Analisis SWOT

Analisis SWOT adalah suatu usaha dalam menentukan perencanaan strategi terutama penentuan strategi pemasaran harus didasari pada perencanaan yang baik sehingga strategi yang diterapkan dapat mengantisipasi berbagai perubahan lingkungan yang ada. Salah satunya analisis yang dapat digunakan sebagai dasar perencanaan strategi pemasaran adalah analisis SWOT. 

Strength

Produk ini menarik dari segi rasa, tampilannya berwarna coklat, aroma rempahnya yang sangat nikmat, dan kemasan yang menarik. Produk ini tidak menggunakan bahan pengawet dan standarisasi resep. Harga bahan baku murah, harga jual produk relatif terjangkau. 

Weakness

Daya simpan produk relatif tidak tahan lama dan belum mampu memproduksi dalam jumlah banyak karena ketahanan kualitas produk yang hanya bertahan pada suhu lemari pendingin 30 derajat Celcius sampai 3 hari. 

Opportunities

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan