Bahasa

Belajar dan Mengajar Bahasa Arab

28 September 2018   07:00 Diperbarui: 28 September 2018   07:22 100 0 0

Allah swt. berfirman dalam Al-Qur'an:

 

Artinya: Sesungguhnya Kami menurunkannya berupa Al Quran dengan berbahasa Arab, agar kamu memahaminya.  (Q.S. Yusuf 12 : 2).

Bahasa Arab menempati tempat yang vital dan signifikan di dalam kehidupan umat Islam. Ada banyak ayat Al-Qur'an yang menjelaskan tentang Bahasa Arab, diantaranya adalah ayat di atas. Di mana dalam Ayat tersebut menjelaskan bahwa Al-Qur'an di turunkan oleh Allah swt menggunakan Bahasa Arab yang bertujuan agar manusia berfikir. 

Kemudian dalam ayat tersebut sudah tampak beberapa keistimewaan Bahasa Arab yang salah satunya adalah Allah swt menyebutkan diri-Nya dengan menggunakan dhamir () yang berarti kita.

Banyak orang yang mencoba menginterpretasikan akan hal tesebut, namun yang lebih tsiqah yaitu interpretasi atau penafsiran dari para ulama' yang ahli dalam Bahasa Arab. Di mana penggunaan dhamir () memiliki makna yaitu untuk mengagungkann diri-Nya. Itu baru satu kata (dhamir ()) apalagi satu kalimat, satu ayat dan seterusnya.

Bahasa Arab sangatlah universal. Sehingga hadits Rasulullah saw berfungsi sebagai penjelas/penafsir ayat-ayat dalam Al-Qur'an yang bersifat universal tersebut. Bahkan  interpretasi dan penafsiran dari orang-orang tertentu yaitu para ahli Bahasa Arab sangatlah dibutuhkan.

Oleh karena itu banyak kita temukan kitab-kitab tafsir seperti Tafsir Ibn Katsir, Tafsir Jalalain dan banyak lagi. Tentunya para pengarang kitab-kitab tersebut adalah orang yang memiliki intelegensi yang tinggi dan ahli dalam Bahasa Arab. 

Hal ini menyebabkan bisa dibilang mempelajari Bahasa Arab adalah sebuah kebutuhan bagi seorang muslim.Adalah sebuah kewajiban bagi ummat muslim untuk mempelajari Bahasa arab. Di samping untuk dapat memahami Al-qur'an, Bahasa Arab juga diperlukan untuk mempelajari ilmu-ilmu agama yang ada dalam kitab-kitab turats yang dikarang ulama'-ulama' terdahulu.

:

Artinya:Pelajarilah Bahasa Arab, sesungguhnya (Bahasa Arab) itu adalah bagian dari agama kalian.

Perkataan khalifah Umar bin Khattab di atas menunjukkan bahwa pentingnya mempelajari Bahasa Arab. Dengan mempelajari Bahasa Arab maka kita akan bisa mengetahui lebih dalam lagi ilmu-ilmu agama kita (agama Islam). Setelah mengetahui ilmu-ilmu agama, maka tingkat kereligiusan seorang muslim akan meningkat sehingga ia bisa mendekatkan diri kepada Allah swt.

:

Artinya:Pelajarilah Bahasa Arab, kemudian ajarkanlah (Bahasa Arab) itu kepada manusia.

Setelah mempelajari dan mendalami Bahasa Arab, kita harus mendedikasikan waktu kita untuk mengajarkannya kepada orang-orang Islam yang ada di sekitar kita. Agar tidak hanya kita yang bisa memahami ilmu agama akan tetapi orang-orang islam yang lain juga harus bisa. 

Oleh karena itu sangatlah dibutuhkan "Pendidikan Bahasa Arab" yang bertujuan untuk mengajari seseorang ahli Bahasa Arab untuk menyampaikan pengetahuannya tentang Bahasa Arab kepada orang lain. 

Jadi yang menjadi catatan penting bagi umat Islam adalah sebuah kebutuhan untuk belajar dan megajarkan Bahasa Arab. Inilah sebuah ekspetasi yang harus bisa dikembangkan oleh umat Islam.