Mohon tunggu...
Muh AsyarafAlif
Muh AsyarafAlif Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Mahasiswa

Akrab di sapa Asyraf, saat ini saya masih seorang mahasiswa aktif di salah satu perguruan islam negri di daerah Jawa Tengah. Saat ini saya juga sedang sibuk merangkai skripsi.

Selanjutnya

Tutup

Seni

Tradisi Desa Campursari Sambut HUT Kemerdekaan RI dengan Acara Tirakatan

29 Agustus 2022   21:42 Diperbarui: 29 Agustus 2022   23:19 37 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Dalam rangka memperingati kemerdekaan negara republik Indonesia warga desa Campursari kabupaten Temanggung mengadakan acara tirakatan yakni kegiatan doa bersama yang diiringi dengan tumpengan. Acara ini sudah menjadi tradisi yang dilakukan sejak dulu dan menjadi agenda wajib di setiap RT. Awalnya setiap RT mengadakan sendiri acara selapanan namun seiring berjalannya waktu tirakatan diadakan di dusun. Warga mendirikan tenda dan membuat panggung pentas di masjid dusun. Kegiatan ini dilaksanakan pada pada tanggal 16 agustus malam hari setelah shalat isya.

Tirakatan merupakan kata serapan yang digunakan dari penanggalan jawa, perhitungan satu bulan dengan siklus 35 hari sekali (Selapan).

Acara ini dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, mengheningkan cipta serta lagu nasional Bagimu Negeri, Selanjutnya doa dan tahlil sebagai rasa syukur atas kemerdekaan RI yang telah diperjuangkan oleh para pahlawan.  Kegiatan menjadi sarana masyarakat desa Campursari untuk melakukan silaturrahmi.

Setelah acara selapanan selesai, diadakan lomba-lomba untuk ibu-ibu dan bapak-bapak. Kemudian dilakukan pembagian hadiah untuk pemenang lomba. Acara ditutup dengan karaokean bersama.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Seni Selengkapnya
Lihat Seni Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan