Mohon tunggu...
M. Galang Pratama
M. Galang Pratama Mohon Tunggu...

Penulis peristiwa. Tinggal di http://www.emjipi.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Media

Penyebab Arus Banjir di Gowa

23 Januari 2019   09:49 Diperbarui: 23 Januari 2019   12:57 0 2 1 Mohon Tunggu...
Penyebab Arus Banjir di Gowa
sumber: infomakassar.co.id

 #PrayForGowa #PrayForSulsel

Tagar ini sedang viral di media maya. Hal ini disebabkan karena curah hujan yang tinggi di wilayah ini sehingga menyebabkan banjir di beberapa wilayah. Yang terparah terjadi di wilayah Kecamatan Pallangga, Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan. Wilayah ini dilalui oleh arus Sungai Je'neberang yang membawa langsung air dari Bili Bili.

Sebagai bukti, beberapa video sempat dibagikan terkait air yang meluap di Jembatan Kembar Gowa. Nah wilayah ini masuk di perbatasan Wilayah Pallangga dan Somba Opu.

Beberapa rumah sempat dibawa arus. Masyarakat sedang siaga di tempat pengungsian. Bupati Gowa, Adnan Purichta, sempat turun langsung ke lokasi kejadian demi melihat warganya yang sedang berjuang menghadapi bencana banjir ini. Seperti yang dapat dilihat di akun instagram orang nomor satu Gowa itu, bahwa ia pun turut memasak di lokasi pengungsian, sebuah usaha untuk merasakan seperti seorang warga biasa.

***

5 Desember 2018 lalu, saya pernah singgah di lokasi Desa Moncongloe, Kecamatan Manuju. Desa ini berada di bawah bendungan Bili Bili. Salah satu jembatan di Desa ini menghubungkan antara Kec. Manuju, Kecamatan Biringbulu, Kecamatan Tompobulu (Malakaji), Sapaya, dan Bontolempangan.


Saya berhenti di jembatan itu lalu memotret pintu gerbang Bili Bili (lihat Gambar).

Hampir tidak pernah pintu bendungan itu dibuka. Sebab apabila dibuka, maka air akan merembes ke bawahnya.

Nah itulah yang terjadi sejak kemarin (Selasa, 22/1/2019). Pintu gerbang bendungan dibuka karena air telah mencapai ketinggian 101 meter.

Air pun mengakibatkan banjir di daerah yang dilewati aliran sungai yang disebut Sungai Je'neberang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3