Mohon tunggu...
Mufliha KhaeraniN
Mufliha KhaeraniN Mohon Tunggu... Faculty of Pharmacy UH

to infinity and beyond

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Cara Menciptakan dan Membangun Hubungan yang Baik dengan Orang Lain atau Sesama

23 Desember 2019   19:14 Diperbarui: 23 Desember 2019   21:24 849 0 0 Mohon Tunggu...

Assalamualikum wa rahmatullahi wa barakatuh, salam sejahterah bagi kita semua. Pada artikel kali ini saya akan membahas tema menganai hubungan antar sesama dengan judul yang saya angkat yaitu cara menciptakan dan membangun hubungan yang baik dengan orang lain.

Kita semua tentu mengetahui bahwa kita sebagai manusia diciptakan sebagai makluk yang saling membutuhkan sehingga kita dapat dikatakan sebagai makluk sosial. Setiap manusia di muka bumi ini tentunya tidak dapat hidup sendiri, kita masih bergantung terhadap orang lain. Meskipun ada beberapa orang yang berusaha untuk dapat hidup mandiri tanpa bantuan orang lain, tetapi hal tersebut sangat sulit diwujudkan. Bahkan untuk lahir kedunia ini pun kita membutuhkan kedua orang kita, tidak hanya kedua orang tua, orang lain pun sangat dibutuhkan, mulai dari dukungan keluarga hingga bantuan suster maupun dokter yang membantu proses lahirnya kita didunia, yaitu proses persalinan.

Karena adanya kebutuhan kita untuk saling membantu dengan sesama dengan koadrat kita sebagai makhluk social, maka sudah sepatutnya kita menjalin hubungan yang baik dengan sesame kita. Adapun hal-hal terbaik yang dapat dilakukan oleh otak kita khususnya pada bagian abu-abu, yaitu kita dapat menjalin hubungan yang baik dengan orang lain atau sesame dengan adanya otak bagian tersebut yang memproses, otak dapat berkembang serta bertumbuh dengan membuat dan merangkai koneksi koneksi dengan saraf-saraf lainnya.

Nah, untuk menambahkan semangat kita dalam menjalin hubungan yang baik antar sesama, maka saya akan memberikan beberapa informasi mengenai manfaat- manfaat apa saja yang akan kita dapatkan ketika menjalin hubungan yang baik dengan orang lain atau sesama. Untuk lebih memahami dan tertata maka saya akan membahasnya dalam poin- poin.

  1. Yang pertama yaitu Memiliki umur yang lebih Panjang, setiap manusia tentunya memiliki goals yang ingin dicapai, oleh karena itu kita membutuhkan umur yang lebih Panjang. Nah, untuk teman-teman yang ingin memiliki usia yang lebih Panjang maka mulai lah menjalin hubungan yang baik dengan sesama kita. Tidak hanya sebuah kebohongan belakang, tetapi hal ini telah dibuktikan dengan adanya peneilitian yang dilakukan oleh seorang ahli bernama Dr. Lisa Berkman pada tahun 1979. Dr. Lisa merupakan salah satu alumni dari kampus ternama yaitu Harvard School Of Health Science. Dimana belia menyatakan bahwa jika dibandingkan dengan orang yang memiliki ikatan social atau hubungan yang baik dengan orang lain, maka orang yang tertupup akan memiliki kemungkinan meninggak akibat adanya penyakit sebesar 3 kali lipat disbanding dengan orang yang memiliki jejaring sosial yang sangat luas. Nah loh, gimana teman-teman, masih sungkan untuk menjalin hubungan sosial dengan orang lain ?
  2. Poin yang kedua yaitu  memiliki relasi yang lebih banyak. Hal ini tentunya sangat dapat dirasakan oleh orang- orang yang sering melakukan pendekatan dengan orang lain, menjalin hubungan dengan orang lain. Dimana semakin banyak kita memiliki hubungan yang baik antar sesama, maka kita akan menjalin relasi lebih banyak lagi. Nah teman-teman tentu tahu pentingnya memiliki banyak relasi. Kita tentunya sebagai manusia tidak terlepas dari berbagai masalah dan rintangan hidup yang siap menghalang di depan kita, nah jika kita memiliki banyak relasi, setiap masalah pun dapat diselesaikan dengan bantuan dari orang lain. Ini yang dapat memotivasi teman- teman untuk bisa memiliki rasa ingin menjalin hubungan dengan orang lain. Tetapi kita juga tidak boleh hanya menginginkan keuntungan saja, jika dalam hubungan kita dengan orang lain terjalin, dan teman kita memiliki suatu masalah, kita juga harus membantu sebagai timbal balik kita dalam menjalin hubungan antar sesama.
  3. Manfaat yang ketiga yaitu memperoleh kerja sama.  Dengan menjalin hubungan yang baik dengan orang lain, maka tidak khayal orang- orang yang memiliki hubungan baik dengan kita akan memberikan bantuan terhadap kita, sehingga orang lain tersebut juga dapat membantu kita dalam menangani kebutuhan kita. Nah semaikin baik hubungan kita terhadap orang lain, makan semakin baik dan tinggi pula kerja sama kita dengan orang tersebut. Oleh karena itu, jika teman-teman ingin memiliki kerja sama yang baik dengan orang lain, maka jalinlah hubungan yang baik dengan orang lain dan ciptakan hubungan yang berkualitas serta harmonis.
  4. Poin yang keempat yaitu memiliki cinta atau bahkan dapat menjalin cinta. Untuk para jomblo- jomblo yang masih tidak menemukan tambatan hatinya, salah satu manfaat dari menjalin hubungan dengan sesama adalah menciptakan cinta diantara kita, eh maksudnya cinta antara sesama. Nah, jika kita menjalin hubungan yang baik dengan orang lain, maka bukan menjadi hal yang tidak mungkin akan terbentuk cinta diantara hubungan itu, baik cinta sebagai seorang teman, sebagai seorang sahabat, sebagai sebuah keluarga, bahkan cinta yang sesungguhnya. Gimana teman-teman ?, sudah mulai berpikir untuk menjalin hubungan yang baik dengan orang lain ?, barangkali dari menjalin hubungan yang baik dengan seseorang, bisa berlanjut dengan menjalin cinta. Semangat untuk para pemburu cinta yang tak kunjung datang!!!.
  5. Yang terakhir yaitu menciptakan rasa aman, nah setelah mengenal dan menjalin hubungan yang baik dengan orang lain, maka bukan tidak mungkin akan tercipta rasa cinta dan sayang yang dapat memberikan rasa aman untuk kita. Kita tentu tahu bahwa orang- orang yang memiliki rasa cinta dan sayang kepada kita tidak mungkin memiliki niat yang buruk terhadap kita, oleh karena itu,  semakin banyak kita memiliki teman dan semakin banyak hubungan baik yang kita jalin antar sesama, maka semakin sedikit orang yang berniat untuk mencelakakan kita, nah selain itu, orang yang cinta dan sayang kepada kita karena adanya hubungan yang baik tentu tidak akan sungkan dalam membantu kita jika ada orang yang berniat berbuat jahat, bahkan orang tersebut rela memberikan nyawanya untuk memberikan rasa aman kepada kita, karena suatu hubungan yang diciptakan serta membentuk suatu komunitas, para anggotanya akan saling mempengaruhi emosi untuk saling memberi kekuatan dan keselamatan.

Bagaimana teman - teman, sudah cukup banyak kan manfaat- manfaat yang kita dapat kan jika menjalin hubungan dengan orang lain. Tidak hanyan poin diatas loh, masih banyak lagi poin- poin yang dapat menyampaikan manfaat- manfaat dari menjalin hubungan yang baik dengan orang lain. Teman- teman tentunya harus berpikir dua kali jika tidak ingin menjalin hubungan yang baik dengan orang lain, bahkan teman- teman sekarang sangat ingin kan melakukan pendekatan dengan orang lain dan menjalin hubungan yang baik. Tetapi, teman- teman masih bingung bagaimana caranya ???? , tenang teman- teman yang saya cinta iii, saya akan memberitahukan cara menciptakan hubungan yang baik dengan sesama nihhh. Sebenarnya sangat mudah untuk menjalin hubungan yang bai kantar sesama, yaitu dengan memberikan keperdulian yang benar- benar terhadap orang lain atau lawan bicara, maka akan tercipta perbincanagn dan pembicaraan yang berarti yang bahkan dapat memberi rasa nyaman sebagai bentuk permulaan dalam menjalin hubungan yang baik dengan orang lain tanpa adanya halangan. Namun ,  untuk memberikan langkah yang runtun , lagi - lagi saya akan menyampaikan dengan poin - poin.

Mencari kesamaan dengan lawan bicara, memang pada awalnya anda akan berpikir akan terlalu sulit untuk mencari tahu kesamaan kita dengan orang lain , tetapi sesungguhnya itu merupakan hal yang sangat mudah. Hanya dengan menciptakan suatu perbincangan maka anda akan mengetahui hal apa yang mungkin sama dengan anda , mulai dari hal yang disukai , hobi , bahkan kebiasaan yang mungkin sama. Salah satu kuncinya yaitu dengan terus mengajak orang tersebut melakukan perbincangan - perbincanagn hangat yang dapat memberi anda informasi tentang lawan bicara anda.

Memberikan respon dan pujian yang memang tulus dari hati, nah jika teman - teman memiliki rasa kagum terhadap lawan bicara anda yang mungkin memiliki kelebihan atau suatu prestasi yang sekecil apa pun berikan lah suatu respon dan pujian yang tulus. meskipun demikian, jangan sekali - kali teman - teman memberikan pujian yang terlalu berlebihan , sewajarnya dan sesuai denga nisi hati anda, sehingga benar - benar terdengar seperti orang yang kagum dan tidak seperti seorang penjilat.

Membahas hal yang telah disebutkan lawan bicara atau yang sedang dicurhatkan, nah untuk memberikan rasa nyaman dengan orang lain, maka kita harus memulai dengan mencoba perduli dengan masalah yang dihadapi oleh orang tersebut. Sehingga, orang tersebut merasa anda mungkin bisa memberikan saran dan menjadi nyaman dengan anda. Teman- teman juga boleh memberi saran tetapi jangan terlalu memaksakan lawan bicara anda untuk terbuka jika hal yang dibicarakan bersifat sangat pribadi dan tidak memungkin kan untuk di sampaikan kepada anda.

Buat lawan bicara anda merasa nyaman dengan kehadiran anda. Teman- teman sekalian jangan menciptakan suatu kondisi yang mungkin menyebabkan lawan bicara anda merasa tidak nyaman, contohnya seperti membahas masalah pribadi yang bersifat memaksa, tetapi ciptakan lah kondisi yang dapat memberikan rasa nyaman terhadap lawan bicara, seperti memberikan perbincangan yang hangat dan bersifat terbuka serta ramah dalam berbincang dan berbagi pengalaman.

ucapkanlah terima kasih kepada lawan bicara anda. Berikanlah ungkapan terima kasih kepada lawan bicara anda, sehingga orang tersebut merasa dibutuhkan dan telah membantu. Sehingga orang tersebut akan menganggap dirinya dihargai dan mengangggap anda dekat dengannya. Jangan terlalu gengsi mengucapkan terima kasih kepada orang lain.

Berusahalah menjalin hubungan tersebut terus - menerus. Nah jika telah mengucapkan terima kasih terhadap lawan bicara, maka jangan lupa untuk mengikatkan kepada orang tersebut bahwa anda dapat berbicara dengan nya kapan pun jika anda mampu. Oleh karena itu, jika belum memiliki kontak satu sama lain, maka lakukan tukar nomor, sehingga kita dapat menciptakan hubungan yang lebih panjang lagi. Selain itu, anda juga jangan melupakan orang tersebut, teruslah berusaha untuk menciptakan suatu hubungan yang baik dengan orang tersebu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x