Mohon tunggu...
Mudayat Haqi
Mudayat Haqi Mohon Tunggu... BERKARYA DAN BERMANFAAT

Dosen Tetap Stiamak Yayasan Barunawati Biru Surabaya

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

New Normal Ya New Peluang

22 Januari 2021   15:21 Diperbarui: 22 Januari 2021   15:42 332 37 0 Mohon Tunggu...

Dibalik New Normal ada New Peluang. Dengan kata lain, pascacovid tetap fit dan optimistik untuk dijadikan pemantik mengambil celah peluang baru. 

Tiap peristiwa pasti ada hikmahnya.Di webinar-webinar sudah banyak disampaikan perihal peluang dan tantangan usaha pascacovid ini, baik skala industri besar maupun UMKM.

Beberapa catatan dan peluang tersebut adalah bisnis jual beli secara online, usaha di sektor kesehatan(misalnya hand sanitezer, masker, alat pelindung diri, sarung tangan kesehatan, obat-obatan vitamin), bahkan jualan bunga karena banyak orang punya waktu luang di rumah dengan bercocok tanam. Beberapa waktu lalu siaran televisi ada yang menghebohkan sampai jual rumah untuk jualan bunga.

Disamping itu, peluang usaha sektor IT, misalnya perlengkapan untuk pembayaran online juga pembelajaran daring dan termasuk perlengkapan untuk webinar. Usaha sembako serta usaha-usaha lain semua tetap prospek.

Sekali lagi new normal ya new peluang,dengan mendorong sikap mandiri inovatif kreatif(MIK) dalam usaha. Dan juga semoga pandemi segera terleraikan dengan komitmen bersama dalam prokes(protokol kesehatan), yakni disiplin 3 M(memakai masker, mencuci tangan, menjaga  jarak), termasuk 3 T(testing/pengujian, tracing/pelacakan, treatment/pengobatan, dan 3 K(kaji informasi, kelola emosi, kembangkan sumber daya). Semoga bermanfaat.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x