Mohon tunggu...
Tekno

Mengenal Komponen Kelistrikan AC Split Outdoor Unit

7 Desember 2016   13:26 Diperbarui: 21 Desember 2016   13:04 0 0 0 Mohon Tunggu...
Mengenal Komponen Kelistrikan AC Split Outdoor Unit
Sumber: homeguides.sfgate.com

Halllo, banyak orang yang bertanya loh, apa sih yang ada di bagian-bagian AC itu, ko bisa sampe bisa memberikan suasana yang menyejukan lagi menyenangkan, sedangkan diluaran sana sedang panas-panasnya, kalo kamu mau tau jawaban dari pertanyaan itu, mungkin kamu harus membaca artikel ini sampai habis deh, Karena sekarang kita akan membahas tentang, Komponen Kelistrikan AC Split Oudoor unit, untuk Komponen Kelistrikan AC Split yang Indoor Unitnya kalian bisa mencarinya di Google yah. Oke kita langsung saja yuk !

Owhh yah, jika kalian berniat untuk membongkar bagian outdoor uni ataupun indoor unit harus dipastikan bersama dengan jasa service ac yang ahli yah, jangan melakukan apa yang tidak kamu kuasai oke, sekarang kita hany berkenalan dulu ajah nih, ada apa sih didalam outdoor unit dari Ac itu.

Yang pertama akan kalian temui adalah Kapasitor.

Pada unit  outdoor, kapasitor akan bertuga sebgai penyimpanan muatan listrik sementara, loh kenapa ko Cuma sementara? Karena kapasitor nantinya akan melepaskan muatan listrik yang dikandungungnya itu secara tiba-tiba, dalam waktu yang singkat sekali, besarnya muatannya itu tergantung dari kapasitas dari kapasitornya yah, untuk kalian tahu satuan dari kapasiotr adalah Farad (F)

Kapasitor juga bertugas untuk menggerakan kompresor pada pertama kali, atau biasa disebut Starting Kapasitor, dengan bantuan dari Kapasitor ini, waktu yang dibutuhkan untuk koompresor berputar dalam kecepatan penuh hanya seperseian detik saja. Lama atau singkatnya Kompresor untuk berputar, tergantung pada daya listrik yang tersimpan di kapasitor. Setelah Kompresor sudah mencpaai putaran penuhnya, maka secara otomatis hubungan listrik dari kapasitor akan dilepas, dan langsung digantikan oleh hubungan dari PLN, setelah itu kapasitor akan kembali mengisi dayanya yang tentunya akan digunakan kembali untuk menyalakan kompresor lagi sewaktu-waktu diperlukan.

Yang kedua kalian akan berkenalan dengan Motor Fan Condensor

Apa sih fungsi dari Motor Fan Condensor ini?

Fungsinya adalah untuk menggeraka kipas kondensor (oudoor) dari bentuk dan ukuran Motor Fan outdoor, kita dapat membedakan besar kapasitas AC Split, sama seperti Kompresor yang membutuhkan Kapasitor untuk menjalankan pertama kali, Motor Fan Kondensor juga membutuhkan muatan listrik dari kapasitor untuk menjalankan pertama kali, dan setelahnya akan langsung digantikan oleh arus listrik dari PLN untu memutar Motor Fan itu.

Selanjutnya kalian akan dikenalkan pada Motor Compressor

Fungsi dari Motor Compressor ini adalah menggerakan mesin Compresor, Ketika Motor Listrik menjalankan fungsinya, Kompresor akan mengkompresi bahan pendingin dan mensirkulasikan atau menyalurkannya menuju keluruh bagian system pendingin, Starting Kapasitor masih berperan penting dalam menjalankan pertama kali disini.

Kemudian kalian akan kenalan dengan  Overload Protector

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2